The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Nutrisi Quinoa vs Nasi yang Menjadi Perdebatan, Mana yang Lebih Sehat?
Quinoa dan beras. (Pixabay/evita-ochel/moritz320)
Food

Nutrisi Quinoa vs Nasi yang Menjadi Perdebatan, Mana yang Lebih Sehat?

Sabtu, 15 Agustus 2020 12:33 WIB 15 Agustus 2020, 12:33 WIB

INDOZONE.ID - Nasi dan quinoa telah menjadi makanan pokoh sekaligus sehat selama berabad-abad lamanya. Secara teknis beras adalah biji-bijian sereal dan masih menjadi makanan pokok yang paling banyak dikonsumsi di Asia dan Afrika.

Sementara quinoa bukanlah biji-bijian melainkan benih dari tanaman berbunga dalam keluarga bayam yang secara tradisional ditanam di Peru, Chili, dan bagian lain Amerika Selatan.

Kini antara quiona dan beras banyak menjadi perdebatan mengenai siapa yang paling baik bagi kesehatan. 

Padahal keduanya memiliki beberapa perasamaan dan perbedaan yang membedakan keduanya. Untuk itu perlu memahami keduanya untuk menentukan mana yang sesuai bagi kebutuhan nutrisi tubuhmu. 

Berikut perbandingan antara quinoa dan nasi yang perlu kamu perhatikan. 

1. Nutrisi dan Manfaat Quinoa

Quinoa adalah makanan yang tinggi protein. Quinoa memiliki kandungan protein yang lebih tinggi daripada beras, dan bersamaan dengan itu, dianggap sebagai protein lengkap karena mengandung semua asam amino esensial.

Quinoa juga mengandung zat besi yang lebih tinggi yang membantu sel darah merah membawa oksigen ke seluruh tubuh dan juga menyediakan energi bagi tubuh.

menu makanan Quinoa
Quinoa. (Pixabay/Einladung_zum_Essen)

Satu porsi quinoa mengandung tiga miligram zat besi, sedangkan nasi putih dan beras merah keduanya memiliki kurang dari satu miligram. 

Serat di dalam quinoa juga sangat kaya dengan sekitar lima gram nutrisi per porsi sementara beras merah memiliki tiga gram dan nasi putih memiliki satu. 

Di sisi lain, quinoa mengandung sedikit kalsium hanya sekitar tiga persen dari 1.000 miligram yang disarankan untuk dicapai setiap hari.

2. Nutrisi Nasi bagi Kesehatan

Nasi sudah dapat dipastikan berperan sebagai sumber karbohidrat yang sehat Meski sebagian merekomendasikan untuk meminimalkan konsumsi karbohidrat namun karbohidrat kompleks seperti nasi merah dan quinoa penting karena membantu menyediakan energi bagi tubuh.

Selain itu juga terkait dengan peningkatan serotonin, zat kimia "perasaan baik" di otak. 
Quinoa memiliki 40 gram karbohidrat per porsi satu cangkir, sedangkan nasi merah memiliki sekitar 50 gram per porsi. 

Ilustrasi nasi.
Ilustrasi nasi. (Pixabay/Huahom)

Jenis nasi juga penting untuk melihat nutrisinya. Nasi yang warnanya lebih banyak, seperti beras merah, hitam, liar, dan merah, kemungkinan besar memiliki nilai gizinya lebih dari nasi putih. 

Pigmen warna yang ada dalam produk dan makanan nabati lainnya, seperti beras, biasanya merupakan indikator kandungan antioksidan. 

Mana yang lebih sehat, quinoa atau nasi?

Nasi putih memiliki rasa paling lembut, sementara nasi merah dan rasa quinoa memiliki tekstur yang sedikit lebih kasar. 

Jika kamu memilih biji-bijian semata-mata karena manfaat kesehatannya maka quinoa berada di urutan teratas sebagai pilihan karena nutrisi yang lebih padat. 

Namun bukan berarti nasi tak baik bagi kesehatan, karena banyak jenis nasi yang dapat dijadikan pilihan dengan nutrisi lebih baik. 

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Abul Muamar
Reka
Abul Muamar

Abul Muamar

Editor
Reka

Reka

Writer
TERKAIT DENGAN INI
JOIN US
JOIN US