The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

5 Makanan Pengganti Nasi sebagai Sumber Karbohidrat
Kentang, Quinoa dan Jagung. (Pixabay/evita-ochel/Unsplash/@lmablankers/@ikredenets)
Food

5 Makanan Pengganti Nasi sebagai Sumber Karbohidrat

Jumat, 11 September 2020 16:00 WIB 11 September 2020, 16:00 WIB

INDOZONE.ID - Beberapa kondisi dan situasi membuat kamu tidak dapat mengkonsumi nasi, seperti misalnya saat kamu sedang menjalankan diet untuk menekan berat badanmu. 

Meski begitu kebutuhan tubuh akan karbohidrat harus tetap dipenuhi untuk menambah energi tubuh dalam menjalankan aktivitas sehari-hari. 

Berikut 5 makanan pengganti nasi yang bisa kamu pertimbangan untuk kamu konsumsi. 

1. Quinoa

Quinoa mengandung kadar nutrisi tinggi seperti protein nabati, asam amino, asam omega 3 serta serat. Quinoa juga memiliki zat phytonutrients yang berfungsi sebagai anti inflamasi dan mencegah penyakit masuk ke dalam tubuh.

Pada 100 gram Quinona kering mengandung 399 kcal energi, 69 gram karbohidrat, 6,3 gram lemak, dan 16,5 gram protein. 

2. Oatmeal

Oatmeal kaya akan serat, vitamin, mineral dan aktioksidan. Kandungan serat oatmeal yang banyak dapat membuat perut terasa kenyang lebih lama. Oatmeal terbuat dari gandum utuh dan menjadi sumber karbohidrat yang dapat dijadikan alternatif pengganti nasi.

3. Kentang

Untuk 170 gram kentang mengandung sekitar 36 gram karbohidrat dan 3,8 gram serat. Ini membuktikan bahwa kentang adalah pengganti nasi yang cukup baik dan dapat mengenyangkan. 

Tak hanya karbohidrat, kentang juga mengandung pati, vitamin E, vitamin K, vitamin B, vitamin C, zat besi, magnesium dan seng.

4. Jagung

Konsumsi jagung membuat perut jadi tidak mudah lapar. Serat jagung dapat membuat kamu merasa kenyang lebih lama sehingga mengontrol nafsu makan. 

Untuk 164 gram jagung mengandung 41 gram karbohidrat dan 177 kalori. Jagung adalah salah satu pillihan tepat untuk mengganti asupan karbohidrat  nasi. 

5. Ubi 

Ubi jalar mengandung banyak serat, vitamin, magnesium dan mangan yang dapat meningkatkan kesehatan jantung serta tulang.

Ubi menjadi sumber karbohidrat kompleks dengan kadar gula yang rendah. Selain itu jika dibandingkan nasi, ubi jalar memiliki lemak dan kalori lebih rendah. 

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Abul Muamar
Reka
Abul Muamar

Abul Muamar

Editor
Reka

Reka

Writer

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US