The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Mau Kulineran di Mandalika? Ini 6 Makanan Khas yang Wajib Kamu Coba, Kaya Rempah
Kiri: Ayam Taliwang. (Instagram/@madamedelima) / Kanan: Sate Bulayak. (Instagram/@_nadhifautami)
Food

Mau Kulineran di Mandalika? Ini 6 Makanan Khas yang Wajib Kamu Coba, Kaya Rempah

Selasa, 23 November 2021 10:45 WIB 23 November 2021, 10:45 WIB

INDOZONE.ID - Nama Mandalika kian populer usai menjadi arena ajang World Super Bike (WSBK). Namun, jauh sebelum adanya sirkuit balap itu, kawasan di Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB) telah lama menjadi tujuan wisata.

Selain keindahan alamnya, kawasan Lombok juga terkenal dengan kulinernya yang dijamin bakal bikin banyak orang ketagihan. Apalagi, kuliner Mandalika terkenal dengan bumbu rempahnya.

Nah, kamu yang berniat untuk pergi ke Mandalika, Lombok dan pengen mencicipi kuliner khasnya, jangan bingung lagi, karena Indozone akan membagikan referensi kuliner khas Mandalika. Simak informasinya ya!

1. Ayam Taliwang

Ayam Taliwang kuliner mandalika
Ayam Taliwang. (Instagram/@yofiorientanti)

Kalian tentu sudah tidak asing lagi ya dengan ayam taliwang. Ya, menu mungkin sering kita temui di mana-mana. Ayam taliwang sendiri adalah kuliner berbahan dasar ayam kampung yang berusia tidak terlalu tua, sekitar tiga sampai empat bulan.

Baca juga: 5 Rekomendasi Tempat Wisata di Sekitar Sirkuit Mandalika, Punya Cerita dan Pesona Indah

Inilah yang mmebuat citarasa ayam terasa manis meski tambahan pemanis. Ayam taliwang ini bisa disajikan dengan cara digoreng atau dibakar dengan kayu nangka atau kayu kopi. Penggunaan kayu inilah yang akan membuat aromanya jadi lebih enak.


2. Sate Bulayak

Sate Bulayak mandalika
Sate Bulayak. (Instagram/@sasmitaedo)

Nggak lengkap rasanya jika ke Mandalika, tapi tak mencicipi kuliner Sate Bulayak. Perpaduan rempah dalam potongan daging sapi, terasa lebih nikmat bercampur dengan kuah kacang.

Bedanya sate ini dengan yang lain, kacang yang dipakai untuk bumbu disangrai terlebih dahulu kemudian dimasak bersama dengan santan. Uniknya lagi, lontong dalam sate bulayak ini dibungkus menggunakan daun aren.


3. Ayam Rarang

Ayam Rarang mandalika
Ayam Rarang. (Instagram/@dedyrindu)

Selain ayam taliwang, ada lagi nih kuliner berbahan dasar ayam yang wajib kamu cobain kalau ke Mandalika. Namanya ayam rarang.

Ayam rarang adalah olahan ayam bakar kampung yang dimasak dengan bumbu balado dan cabai rawit merah. Bumbu ini kemudian akan meresap dalam serat daging ayam. Pedasnya bumbu inilah yang bakal membuat orang yang mencobanya ketagihan.

#KAMUHARUSTAU nih, ayam yang dipakai untuk olahan ini adalah ayam kampung muda. Biasanya, ayam rarang disajikan bersama kacang kedelai goreng dan sayur bening.

4. Sate Rembiga

Sate Rembiga
Sate Rembiga. (Instagram/@aamazinglombok)

Ada lagi nih kuliner sate yang enak dan khas dari Mandalika. Namanya sate rembiga. Sama seperti sate bulayak, sate rembiga juga dibuat dari daging sapi. Namun, kuliner ini disajikan tanpa bumbu kacang.

Sate yang berasal dari Desa Rembiga ini, dibuat dengan cara daging yang telah dipotong kemudian direndam bersama dengan bumbu rempah hingga meresap.


5. Soto Mandalika

kuliner khas mandalika
Soto Mandalika. (Twiiter/@ssnowendy)

Kamu yang pengen kuliner khas berkuah, soto Mandalika bisa jadi pilihannya. Bahan utama dari soto Mandalika ialah ketupat, tauge, bihun, telur, daun bawang, kacang dan kuah soto.

Ada yang unik nih dari kuliner soto Mandalika. Soto ini memiliki 5 unsur rasa yaitu asin, manis, pedas, asam dan panas. Yang bikin orang-orang jadi tambah selera saat makan soto Mandalika ialah aroma bawang panggang yang ditaburkan di atas soto.

 

6. Ares

kuliner mandalika
Sayur Ares. (Cookpad/@cook_12047858)

Ares menjadi referensi kuliner yang wajib kamu cobain kalau ke Mandalika. Makanan ini terbuat dari pelepah pisang, yang kemudian dimasak dengan bumbu santan merah dan tulang serta daging ayam.

Pelepah pisang yang digunakan untuk makanan khas Mandalika ini adalah pelepah pisang yang masih muda. Biasanya pelepah pisang muda yang digunakan untuk kuliner ini dari pelepah pisang kepok atau pisang raja.
 

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Putri
Putri

Putri

Editor
JOIN US
JOIN US