Inilah Dessert Teringan di Dunia, Beratnya Cuma 1 Gram!
Odditycentral
Food

Inilah Dessert Teringan di Dunia, Beratnya Cuma 1 Gram!

Nanda
Jumat, 08 November 2019 07:17 WIB 08 November 2019, 07:17 WIB

INDOZONE.ID - Begini kalau seniman dan para ilmuwan sudah berkerja sama, maka terciptalah sebuah karya yang sangat premium.

Seperti yang dilakukan oleh seniman di studio artisan yang berada di London, Bompass & Parr dengan para ilmuwan di laboratorium Aerogelex yang berada di Hamburg, Jerman.

Hasil kolaborasi keduanya menciptakan sebuah hidangan penutup atau dessert dengan berat yang hanya satu gram saja. Sangat luar biasa, bukan?

Melansir Odditycentral, dessert itu dibuat dari bahan aerogels, sebuah material solid yang dikenal sangat ringan sebab mengandung udara yang nyaris 99,8 persen.

Aerogels bisa dikombinasikan dengan beberapa jenis material lainnya. Namun dalam proyek kolaborasi ini, mereka menggunakan protein globular yang ada pada putih telur.

Dari kedua bahan material itu, mereka mencoba membuat dessert meringue. Dengan berbagai teknis dan percobaan. Maka terciptalah sebuah dessert meringue yang mengandung 96 persen udara dan ketika ditimbang beratnya hanya satu gram saja.

Karena beratnya itu, meringue hasil kolaborasi Bompass & Parr dan Aerogelex ini dinobatkan sebagai dessert teringan di dunia. Dessert itu pun telah dipamerkan di King Abdulaziz Centre for World Culture, Dhahran, Arba Saudi dalam acara Ithra's Creativity Season, Tanween selama 10 hingga 26 Oktober 2019 lalu.

Soal rasanya, dessert ini memiliki cita rasa yang tentu saja tidak selezat maringue normalnya karena memiliki kandungan udara yang mencapai 96 persen.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Nanda
Nanda

Nanda

Editor
ARTIKEL LAINNYA
LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU