8 Camilan Sehat dan Aman Bagi Penderita Diabetes
Ilustrasi/Pexels/Valeria Boltneva
Food

8 Camilan Sehat dan Aman Bagi Penderita Diabetes

Selasa, 31 Desember 2019 10:37 WIB 31 Desember 2019, 10:37 WIB

INDOZONE.ID - Bagi penderita diabetes, mengontrol kadar gula darah sangat penting, termasuk dalam hal pemilihan makanan yang aman dikonsumsi.

Banyak orang beranggapan, penderita diabetes tidak boleh sering ngemil karena dapat meningkatkan kadar gula darah.

Apalagi, kalau sampai konsumsi camilan manis, bisa berdampak besar terhadap peningkatan kadar gula.

Namun, kamu harus tau nih guys kalau sebenarnya diabetes tidak harus membuat seseorang berhenti mengemil loh.

Penderita diabetes tetap boleh ngemil kok, asalkan bijak memilih camilan sehat yang aman dikonsumsi.

Camilan Sehat Untuk Penderita Diabetes

Secara umum, penderita diabetes disarankan memilih jenis camilan rendah gula dan rendah lemak.

Selain itu, jumlah atau ukuran camilan yang dikonsumsi tidak boleh melebihi asupan kalori harian ya.

Bagi para penderita diabetes yang cenderung mudah lapar, kini sudah banyak tersedia berbagai camilan sehat dan aman.

Apa saja ya? Simak dulu yuk ulasan berikut ini!

1. Popcorn

camilan sehat popcorn untuk penderita diabetes
Unsplash/@georgiavagim

Hobi ngemil popcorn saat nonton? Tenang, kamu masih bisa memakannya kok, asalkan tanpa mentega dan garam.

Sebab, dua bahan tersebut dapat meningkatkan risiko obesitas kalau dicampurkan dalam popcorn.

Dengan ngemil popcorn, kamu bisa mengendalikan berat badan sehingga kadar gula darah pun tetap terjaga. Jadi, bakal aman guys!

2. Greek Yoghurt

greek yoghurt untuk diabetes
Unsplash/@klein2

Greek yoghurt termasuk menu makanan sehat untuk diet. Yoghurt ini memang banyak digemari karena kaya akan protein dan kalsium, serta rendah lemak.

Kenapa harus Greek yoghurt? Iya, karena yoghurt ini dibuat tanpa pemanis dan sehat dikonsumsi penderita diabetes.

Agar lebih nikmat, bisa tambahkan kismis dalam Greek yoghurt yang kamu konsumsi ya, guys.

3. Puding Chia Seed

puding chia seed camilan sehat untuk penderita diabetes
Unsplash/@cravethebenefits

Rata-rata pelaku diet sering ngemil puding chia seed karena memiliki banyak manfaat kesehatan. Tidak terkecuali bagi penderita diabetes.

Nah, untuk membuat puding chia seed sangatlah sederhana. Seperti ini prosesnya:

  • Siapkan 1/4 cangkir chia seed dan 1 setengah cangkir susu murni/almond.
  • Kemudian, campurkan keduanya dalam wadah besar.
  • Lalu, aduk hingga rata dan tidak menggumpal.
  • Diamkan sekitar 20 menit atau lebih sampai teksturnya sudah seperti puding.
  • Simpan di dalam kulkas, dan puding chia seed dapat dinikmati.

4. Keju Cottage

konsumsi keju cottage untuk diabetes
Pexels/NastyaSensei

Keju cottage terbuat dari susu sapi segar dengan tekstur creamy. 

Jenis keju ini aman dikonsumsi penderita diabetes karena rendah lemak dan sodium.

Karena itu, keju cottage sangat tepat dijadikan camilan untuk program diet, menurunkan berat badan, dan mengontrol kadar gula darah.

5. Apel dan Selai Kacang

apel dan selai kacang camilan diabetes
Pexels/John Finkelstein/Pixabay

Irisan buah apel dan selai kacang adalah camilan lezat dan sehat untuk penderita diabetes.

Beberapa riset telah membuktikan manfaat apel yang berperan penting bagi kesehatan penderita diabetes.

Antioksidan dan polifenol dalam apel diklaim mampu melindungi sel-sel pankreas dari kerusakan.

Tak hanya apel, buah-buahan lain seperti pisang atau pir juga dapat dikombinasikan dengan selai kacang.

6. Tomat Ceri

tomat cerita bagi penderita diabetes
Unsplash/Gavin Tyte

Kudapan sehat dan menyenangkan bagi penderita diabetes adalah tomat ceri. 

Jenis buah ini aman dikonsumsi karena rendah kalori, lemak, dan karbohirat.

Di dalamnya, terdapat kandungan segudang vitamin, mineral, antioksidan, dan serat.

Dengan konsumsi tomat ceri, penderita diabetes tetap bisa ngemil tanpa takut kadar gula darah meningkat.

7. Biskuit Gandum

biskuit gandum untuk diabetes
Unsplash/Lisa Fotios

Bagi penderita diabetes, tidak masalah kok konsumsi biskuit sebagai camilan. Tapi, disarankan biskuit yang berbahan dasar gandum ya.

Selain bikin kenyang, gandum mengandung serat alami yang dapat melindungi tubuh dari penyakit jantung, diabetes, dan obesitas.

8. Salad Tuna

salad tuna bagi penderita diabetes
Ilustrasi/Pexels/Valeria Boltneva

Kalau punya waktu luang, tak ada salahnya membuat salad tuna sebagai camilan sehat yang bisa kamu nikmati.

Seperti kita tau, tuna mengandung asam lemak omega-3 yang tinggi sehingga dapat mengontrol kadar gula dalam darah.

Cara membuatnya gampang. Campurkan daging tuna dengan seledri dan irisan bawang bombay. 

Tambahkan pula sedikit garam, lada hitam bubuk dan plain yoghurt supaya lebih nikmat.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Rizka
Rizka

Rizka

Writer

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU