The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Ikan Buntal Fugu, Makanan Lezat di Jepang yang Dapat Menyebabkan Kematian
Ikan Fugu. (Photo/Note of Nomads)
Food

Ikan Buntal Fugu, Makanan Lezat di Jepang yang Dapat Menyebabkan Kematian

Selasa, 07 Desember 2021 23:23 WIB 07 Desember 2021, 23:23 WIB

INDOZONE.ID - Ikan buntal Fugu merupakan makanan lezat di Jepang yang mungkin dapat menyebabkan kematian. Konsumsi ikan fugu di Jepang sangat diatur dan para amatir di rumah tidak bisa mengonsumsinya sembarangan.

Ikan buntal fugu memiliki tetrodotoxin yang mematikan, tetapi tidak berhati-hati terhadap konsumsi populernya sebagai sashimi, sup, dan hotpot di antara metode lainnya. Tetrodotoxin juga dikenal dengan nama "tetrodox" dan umumnya disingkat menjadi TTX, adalah sejenis neurotoksin yang dikenal tidak memiliki penawar racun.

Hidangan Penuh Risiko

ikan fugu
(Photo/Note of Nomads)

Ikan Fugu juga merupakan hidangan yang memiliki risiko dengan harganya yang cukup mahal. Koki di seluruh Jepang harus memiliki sertifikasi untuk menyiapkan dan memasak ikan tersebut.

Periode sertifikasi dapat berlangsung dari dua hingga tiga tahun dan prosesnya sangat intensif, karena satu tusukan pisau dapat melepaskan racun ke daging ikan yang dapat dimakan. Sertifikat dikeluarkan oleh gubernur daerah setelah koki bersertifikat, sehingga pelanggan dapat yakin mereka aman dan bisa memproduksi ikan tersebut.

Ikan Fugu Tak Berbahaya

ikan fugu
(Photo/Note of Nomads)

Chef Nakase dari Gempin Fugu yang berlokasi di Tokyo Jepang mengklaim bahwa saat menghadiri restoran dengan koki bersertifikat, ikan buntal fugu tidak berbahaya dan 100% aman untuk dikonsumsi.

Dia mengklaim bahwa sebagian besar kematian di Jepang disebabkan oleh nelayan yang tidak berpengalaman yang ingin mencobanya sendiri dan tidak memiliki pengetahuan tentang cara membuat fillet ikan.

Sebab, jika ada sisa tetrodotoxin yang tertinggal di daging, racunnya pasti akan menyebabkan kematian. Chef Nakase dalam video yang sama ini menunjukkan bagaimana tetrodotoxin mengambil alih tubuh manusia dan menyebabkan kematian.

Baca juga: Pizza Ganja Thailand yang Lagi Trendi, Makanan 'Mabuk' Cepat Saji

Menjauhi Hati Ikan Fugu

ikan fugu
(Photo/byFood)

Meskipun ada peringatan untuk menjauhi hati fugu karena racunnya bisa mematikan; cukup banyak orang telah meninggal sejak tahun 1950-an. Pada tahun 1958, jumlahnya mencapai 176 kematian akibat memakan hati yang dikatakan sangat lezat tetapi beracun. 

Pada akhir abad ke-17, organ Fugu Jepang sering digunakan oleh individu untuk mengambil nyawa mereka sendiri. Dua insiden terjadi pada tahun 2011 dan 2015 dengan hati fugu. Dua koki berbeda melanggar hukum untuk melayani pelanggan hati karena mereka secara khusus memintanya.

Tidak ada yang meninggal karena hati tidak beracun, tetapi mereka harus dilarikan ke rumah sakit dan berada dalam kondisi kritis sebelum pulih sepenuhnya. Kedua koki kehilangan hak istimewa untuk menyajikannya, dan hal itu melanggar hukum Jepang.

Apakah Ikan Buntal Fugu Sepadan dengan Harganya?

ikan fugu
(Photo/byFood)

Ikan buntal fugu adalah spesies yang paling umum dimakan di Jepang. Seringkali harga untuk seekor ikan utuh bisa mencapai harga 100 dollar (Rp1,4 juta). Dalam beberapa kasus bahkan lebih tergantung pada berat dan jenis kelaminnya, karena alat kelamin jantan dikatakan sangat lezat.

Selain itu, apakah mencoba ikan buntal sebagai makanan sepadan dengan harganya? Menurut Sonny dari 'Best Food' tekstur sashiminya menyerupai cumi-cumi mengharapkan itu meninggalkan semacam kesegaran. Ikan tersebut dianggap sebagai kuat dan berlemak, serta mengakui mengapa seseorang dapat mempertaruhkan nyawanya untuk memakan ini. 

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Abul Muamar
M. Rio Fani

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US