The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Stinky Tofu Makanan Viral di TikTok Asal China, Apa Manfaatnya?
Ilustrasi stinky tofu atau tahu busuk (Freepik)
Food

Stinky Tofu Makanan Viral di TikTok Asal China, Apa Manfaatnya?

Senin, 22 Agustus 2022 14:45 WIB 22 Agustus 2022, 14:45 WIB

INDOZONE.ID - Setelah tren mencoba makanan fermentasi dari jepang yakni natto, kali ini ada makanan fermentasi lain yang sedang viral kembali yaitu stinky tofu atau tahu busuk yang merupakan camilan asal China.

Stinky tofu ini merupakan sejenis tahu yang difermentasikan lebih lanjut sampai berbau tidak enak yang bisa disajikan dengan berbagai cara seperti tahu pada umumnya yakni dikukus, direbus maupun digoreng.

Makanan ini tentunya membuat netizen penasaran dengan cita rasa dari tahu busuk tersebut apakah akan lebih buruk dari natto?

Seperti akun TikTok @ompolosbanget yang mencoba stinky tofu dia mengakui bahwa aroma dari stinky tofu ini memang khas dan sangat menyengat sampai-sampai dia menutup hidungnya dengan baju. Tetapi setelah dia mencoba memakannya dia merasa rasanya tidak aneh dan masih bisa dinikmati.

@ompolosbanget

#stitch with @BITE FACTS tahu busuk ! #stinkytofu

? Blueberry Eyes (feat. SUGA of BTS) - MAX

"Rasanya ok sih tapi baunya itu, walaupun ga seenak natto," tuturnya dalam video

Dia juga memberikan penjelasan ketika hendak mengonsumsinya pastikan jangan mencium aroma dari stinky tofu ini langsung saja memakannya karena aromanya yang mengganggu.

Dilansir dari Dr Health Benefits, tahu busuk atau stinky tofu ini berasal dari Tiongkok, China. Bau busuk yang dikeluarkan merupakan hasil proses fermentasi berbagai bahan seperti air garam, susu fermentasi, sayuran, daging, udang kering dan berbagai rempah-rempah.

Kamu harus tahu bahwa air garam inilah yang menghasilkan mikroba alamai sehingga muncul bau-bau yang unik pada stinky tofu. Meskipun memiliki aroma menyengat dan tidak enak, ternyata stinky tofu memiliki kandungan nutrisi yang tinggi, seperti

1. Tinggi Protein dan Rendah Lemak

Protein di dalam stinky tofu ini bermanfaat untuk meningkatkan pembentukan otot pada tubuh, bahkan makanan fermentasi dapat meningkatkan energi dalam tubuh untuk aktivitas sehari-hari.

Tak hanya tinggi protein, tahu busuk ini juga rendah lemak alhasil jika kamu mengonsumsinya secara rutin dapat menurunkan kadar kolesterol.

2. Mengandung Banyak Serat

Stinky tifu memiliki kandungan serat yang dapat meningkatkan kesehatan tubuh sehingga dapat menjaga kesehatan pencernaan serta meningkatkan penyerapan nutrisi dalam usus.

Makanan yang tinggi akan serat ini juga dapat mengurangi risiko terkena masalah pencernaan seperti sembelit dan kembung.

3. Membantu menurunkan berat badan

Kamu mau menurunkan berat badan? stinky tofu ini bisa kamu coba karena serat pada tahu busuk ini bisa membuat kamu kenyang lebih lama sehingga nafsu makan bisa terkendali dengan baik.

4. Tinggi Probiotik dan Mineral

Proses fermentasi dari stinky tofu ini menghasilkan probiotik yang sangat bermanfaat bagi tubuh terutama kesehatan usus dan memperbaiki pencernaan.

Selain itu, stinky tofu menyediakan mineral, zat besi, kalium, dan magnesium sehingga dapat membantu pembentukan hemoglobin serta mengangkut oksigen dari sel ke sel lain. Terdapat juga kandungan kalium dan potasium yang tentunya membantu menyeimbangkan cairan tubuh.

Ternyata banyak manfaat dibalik aroma buruk dari stinky tofu tersebut, tertarik mencobanya?

Penulis: Asyila Chairunnisa Haya

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Fahrizal Daulay
Indozone

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US