Wisata ke Lombok, Coba 5 Makanan Khasnya Yuk!
Kolase makanan khas Lombok. (Raja Wisata Indonesia/Indonesiakaya/KSMtour/wonderful.indogram)
Food

Wisata ke Lombok, Coba 5 Makanan Khasnya Yuk!

Yulia Marianti
Jumat, 08 November 2019 10:30 WIB 08 November 2019, 10:30 WIB

INDOZONE.ID - Traveling ke Lombok rasanya kurang lengkap jika tidak menikmati makanan khasnya. Selain terkenal akan keindahan pantai, ternyata Lombok juga memiliki keanekaragaman makanan.

Buat kamu yang sedang berwisata atau berencana ke Lombok, harus banget nih cicip makanan khas Lombok.

Ada makanan apa saja sih? Berikut Indozone rangkum dari berbagai sumber, 5 makanan khas Lombok yang harus kamu coba!

1. Plecing Kangkung

Plecing kangkung adalah salah satu makanan khas Lombok yang tidak boleh ketinggalan untuk dicicipi. Bahan baku makanan ini sebenarnya adalah jenis sayuran yang sering kamu temukan di Indonesia yakni kangkung. Hanya saja cara pengolahan dan penyajiannya yang berbeda.

Plecing Kangkung
(Raja Wisata Indonesia)

Kangkung khas lombok berbeda dari kangkung di daerah lain. Perbedaannya yakni, kangkung di Lombok ditanam di sungai yang mengalir dengan metode tertentu sehingga menghasilkan kangkung dengan batang yang besar dan renyah.

Plecing kangkung ini terdiri dari kangkung yang telah direbus kemudian disajikan dengan sambal tomat yang sebelumnya telah dicampur dengan aneka bumbu seperti cabai rawit, garam, terasi dan disajikan dengan tauge serta taburan kacang goreng.

2. Ayam Taliwang

Kamu tau enggak kalau ayam taliwang menyimpan sejarah yang cukup panjang. Masakan ini pertama kalinya di perkenalkan oleh juru masak Sultan Sumbawa yang di tempatkan di Lombok pada jaman Raja Karangasem.

Ayam Taliwang
(wonderful.indogram)

Ayam taliwang merupakan sebuah hidangan berupa ayam yang diolah dengan cara digoreng, dipanggang atau dibakar dengan bumbu sangat pedas.

Ada satu tempat di Mataram yang dikenal dengan nama Karang Taliwang. Tempat ini merupakan tempat pertama ayam taliwang di kembangkan di Pulau Lombok.

3. Nasi Balap Puyung

Nasi Balap Puyung berisi suwiran daging ayam yang telah diolah dengan cabai pedas, kacang kedelai, taburan udang kering, abon dan belut goreng. Secara tampilan menu makanan ini cukup sederhana. Namun setelah makanan tersebut menyentuh lidah, kamu akan menemukan sensasi kelezatannya.

Nasi balap puyung
(lombokwandertour)

Nasi balap puyung berasal dari Kabupaten Lombok Tengah, tepatnya di Desa Puyung. Menu nasi balap puyung yang terkenal di Lombok adalah nasi balap puyung cap Inaq Esun yang berada di Desa Puyung, Lombok Tengah, dan Lombok Barat di jalan Sriwijaya Mataram.

4. Sate Bulayak

Sate Bulayak hampir sama dengan sate Madura lainnya. Namun, yang membedakan terletak pada daging yang digunakan dan lontong yang disajikan. Lontong Bulayak dibungkus menggunakan daun aren atau daun enau dengan cara membuat lilitan memanjang berbentuk spiral, sementara dagingnya menggunakan daging sapi.

Sate Bulayak
(Indonesiakaya)

Sate Bulayak ini menjadi salah satu makanan tradisional Suku Sasak. Buat kamu yang mau mencicipinya, kamu bisa datang ke Hutan Suranadi (hutan alam), Pantai Senggigi, Narmada, Taman Udayana di Kota Mataram, dan Pantai Ampenan.

5. Bebalung

Bebalung adalah makanan yang berbahan baku iga sapi atau kerbau yang telah dimasak dengan campuran bumbu seperti cabe rawit, bawang putih, bawang merah, lengkuas, jahe dan kunyit.

Bebalung
(KSMtour)

Bagi masyarakat suku Sasak, bebalung memiliki arti tenaga yang dipercaya setelah makan makanan ini maka akan lebih bertenaga. Menu ini wajib kamu coba saat mengunjungi Lombok!

Kuliner bebalung paling terkenal berada di Lombok Barat yang dijual di depot Kelebet yang beralamat di Jalan HOS Cokroaminoto.


Kalau kamu sudah pernah coba makanan khas Lombok yang mana aja nih guys?

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Yulia Marianti

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU