The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Ini Menu Sarapan Khas dari 6 Negara di Dunia, Kamu Suka yang Mana?
Sarapan khas warga Maroko, beragam dan nikmat (Fabiola Lawalata/IDZ Creators)
Food

Ini Menu Sarapan Khas dari 6 Negara di Dunia, Kamu Suka yang Mana?

Minggu, 20 Maret 2022 07:00 WIB 20 Maret 2022, 07:00 WIB

INDOZONE.ID - Sarapan pagi sangat penting untuk tubuh sebagai sumber energi. Sarapan bagaikan ‘bensin’ atau ‘bahan bakar’ untuk mengembalikan energi setelah tidur semalaman. Buat para traveler, sarapan sangat penting dilakukan sebelum kembali beraktivitas atau memulai perjalanan.

Sejumlah negara punya menu sarapan khasnya masing-masing. Berikut sarapan khas di enam negara di dunia, kira-kira favoritmu yang mana?

Sarapan di Maroko

Ritual sarapan di Maroko sangat menyenangkan, apalagi kalau menginap di Riad atau hotel tradisional Maroko. Para tamu akan dimanjakan dengan sarapan yang beragam. Kafe atau resto akan menyajikan menu sarapan di piring dan gelas yang sangat cantik, bikin semangat makan.

breakfast in morroco
Sarapan ala Maroko yang disajikan di piring dan gelas cantik (Fabiola Lawalata/IDZ Creators)

Sarapan dimulai dengan minum teh hangat dari daun mint, jus jeruk manis, potongan buah, roti dan selai, madu, buah olive, pilihan telur, lalu kue manis khas Maroko.

Menunya kurang lebih sama setiap harinya, yang berubah hanya variasi buah tergantung musimnya.

Sarapan di Finlandia

Warga Finlandia dan negeri Nordic sekitarnya biasanya menikmati sarapan dengan menu ikan herring yang disantap dengan roti serta saus lingonberries.

finland
Saus yang menemani sarapan di Finlandia (Fabiola Lawalata/IDZ Creators)

Lingonberries adalah sejenis buah beri yang banyak ditemukan di dalam hutan di Swedia dan negara Nordic lainnya. Lingoberries merupakan buah yang bisa menurunkan tekanan darah dan membuat jantung lebih sehat. Biasanya buah ini dijadikan selai untuk aneka jenis makanan, salah satunya disajikan di atas kentang.

Sarapan di Costa Rica

Gallo pinto biasanya terhidang di meja makan warga Costa Rica saat makan pagi atau sarapan. Gallo pinto merupakan sepiring nasi dengan kacang merah dan pisang goreng yang manis.

gallo pinto
Gallo Pinto, menu sarapan khas Costa Rica (Fabiola Lawalata/IDZ Creators)

Selain untuk menu sarapan, gallo pinto juga sering disajikan saat makan siang atau makan malam. Pembedanya cuma jenis protein yang menemani, kadang ayam bakar atau ikan goreng.

Unik ya makan nasi campur bersama pisang goreng.

Sarapan di Turki

Orang Turki menyebut sarapan dengan istilah ‘Kahvalti’ yang berarti ‘sebelum kopi’. Jadi pada saat makan pagi mereka lebih memilih segelas teh Turki dibandingkan kopi sebagai teman makan.

turkey
Sarapan di Turki dengan beragam menu (Fabiola Lawalata/IDZ Creators)

Orang Turki cenderung memilih menyantap sarapan bersama keluarga karena pada saat itulah mereka saling berbincang sebelum memulai hari.

Yang menyenangkan dari menu sarapan di Turki adalah makanannya disajikan dalam porsi sedang, bahan makanannya juga sangat fresh.

Ada potongan tomat, ketimun, buah zaitun, keju putih,  paprika, gulungan daun anggur, roti yang fresh, telur goreng. Sementara cita rasanya manisnya hadir melalui madu, selai buah dan buah kering.

Dan jangan lupa, roti adalah menu wajib di setiap makanan orang Turki.

Sarapan di Iran

Menu makan pagi di Iran bisa dibilang sangat sederhana, hanya roti dan selai yang biasanya dibuat secara homemade dari buah yang sedang panen, seperti buah plum.

sarapan iran
Menu sarapan di Iran, sederhana namun bergizi (Fabiola Lawalata/IDZ Creators)

Jarang terlihat protein ‘mahal’ di meja makan saat pagi. Namun mereka harus menyajikan telur rebus, keju feta, buah olive dan mentega untuk menemani makan roti.

Sarapan di Prancis

Mudah, manis dan ringan, begitulah sarapan khas orang Prancis. Mereka menyebut sarapan dengan le petit dejeuner alias makan siang kecil.

sarapan di prancis
Tipikal toko roti di Prancis (Fabiola Lawalata/IDZ Creators)

Untuk sarapan, biasanya warga Prancis cuma mampir ke toko roti terdekat dan memesan aneka pastry seperti croissant, pain au chocolat (roti isi coklat) atau chausson aux pommes, semacam pastry berisi saus apel.

Sebagai pelengkap, mereka menyeruput minuman hangat dan yoghurt.

Makanan berat biasanya dikonsumi saat makan siang dan makan malam.

Bikin cerita serumu dan dapatkan berbagai reward menarik! Let’s join IDZ Creators dengan klik di sini.

IDZ Creators
IDZ Creators


TAG
Rini Puspita
Fabiola Lawalata
Fabiola Lawalata

Fabiola Lawalata

Community Writer
JOIN US
JOIN US