The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Minum Kopi Terlalu Banyak, Begini Cara Atasi Efek Kafein yang Berlebihan
Ilustrasi kopi. (Pixabay/cocoparisienne)
Food

Minum Kopi Terlalu Banyak, Begini Cara Atasi Efek Kafein yang Berlebihan

Kamis, 13 Agustus 2020 20:00 WIB 13 Agustus 2020, 20:00 WIB

INDOZONE.ID - Kafein pada dasarnya adalah minuman yang baik di satu sisi dan buruk di sisi lainnya. Awalnya secangkir kopi dirasa mampu memberikan energi namun setelah meminumnya lebih dari segelas maka tubuh mulai merasa buruk. Mulai dari rasa gelisah, sakit kepala jantung berdebar-debar hingga diare. 

Adalah hal penting untuk memastikan seseorang tidak berlebihan pada asupan kafeinnya. Agar minum kopi tidak menjadi sesuatu yang menyakitkan pada akhirnya.

Mengatasi kafein berlebihan Ilustrasi minum kopi
Ilustrasi minum kopi. (Pixabay/Pexel)

Menurut ahli diet Melissa Nieves, konsumsi kopi yang aman dianggap tidak lebih dari 400 miligram per hari untuk orang dewasa yang sehat. 

Melampaui jumlah tersebut dapat menyebabkan Anda mengalami beberapa gejala tidak nyaman dan efek samping yang akan segera mengingatkan Anda bahwa Anda sudah makan terlalu banyak.

Menurut Nieves, gejala paling umum dari terlalu banyak kafein yang mungkin Anda alami adalah:

  • kegugupan atau kegugupan
  • sakit kepala
  • kegoyahan
  • pusing
  • sifat lekas marah
  • diare atau sakit perut
  • detak jantung tidak teratur atau jantung berdebar-debar

Bagaimana Cara Mengatasi Efek Kafein yang Berlebihan?

Jika kamu mengonsumsi terlalu banyak kafein dan merasakan efeknya ada beberapa hal yang dapat kamu lakukan. 

1. Minum air putih

Salah satu hal terbaik yang dapat dilakukan untuk mengatasi efek terlalu banyak kafein adalah meminum air putih. Kafein dapat bertindak sebagai diuretik ringan, dan dehidrasi dapat memperburuk gejala. Sebabi itu pastikan tubuh terhidrasi dengan baik sampai kafein secara alami meninggalkan sistem tubuhmu. 

2. Lakukan latihan pernapasan

Salah satu hal untuk memerangi efek samping dari terlalu banyak kafein adalah bernapas. Teknik pernapasan dalam dapat membantu meredakan kecemasan yang disebabkan oleh kelebihan kafein. Setelah selesai menarik napas dalam, kamu akan langsung merasa lebih rileks dan mengurangi stres .

Kamu dapat berbaring lalu menarik napas sebanyak yang kamu bisa melalui perut. Biarkan perut mengembang, setelah dada terangkat tahan nafas beberapa detik sebelum mengeluarkanya perlahan. 

3. Berjalan-jalan atau olahraga ringan

Berjalan-jalan atau aktivitas fisik yang ringan dapat membantu menenangkan kegelisahan karena kafein berlebihan. Faktanya, berolahraga juga dapat membantu mengurangi gejala sakit kepala. Jika berjalan bukan pilihan yang disukai, cobalah olahraga ringan lain seperti Pilates dan yoga.

Setelah melakukan tiga hal di atas jangan lupa untuk membatasi kopi yang kamu minum untuk minimalisir efek kafein pada tubuh. 

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Abul Muamar
Reka
Abul Muamar

Abul Muamar

Editor
Reka

Reka

Writer
TERKAIT DENGAN INI

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US