The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Tips Memasak Daging Biar Lebih Empuk, Begini Caranya
Ilustrasi memasak daging. (Pexels/Skitterphoto)
Food

Tips Memasak Daging Biar Lebih Empuk, Begini Caranya

Ikuti tipsnya ya.

Rabu, 20 Mei 2020 15:45 WIB 20 Mei 2020, 15:45 WIB

INDOZONE.ID - Masakan berbahan daging sering kali disajikan sebagai makanan khas Idul Fitri. Sebut saja rendang, semur, empal, gulai, dan lain sebagainya. Rasa masakan akan bertambah lezat apabila saat digigit daging terasa legit dan empuk. Sebab kalau daging sulit digigit, bisa menurunkan nafsu makan.

Lantas, adakah cara khusus saat memasak untuk membuat daging terasa legit dan empuk? Chef Bahran yang merupakan Corporate Executive Chef di Prasanti Hotels and Resorts memberikan tipsnya.

Hal pertama yang harus dilakukan adalah memotong daging sesuai selera. Setelah itu bungkus dengan daun papaya atau campur dengan parutan nanas sebelum dimasak.

“Di dalam daun pepaya dan nanas terdapat enzim bromelain yang termasuk kelompok enzim protease sulfihidril. Enzim ini mampu menghidrolisis ikatan peptida atau polipeptida menjadi asam amino pada protein. Selain itu enzim ini dapat menghasilkan serat pada daging sehingga membuat teksturnya menjadi empuk dan lunak,” kata Chef Bahran dalam sesi diskusi online, Rabu (20/5/2020).

Tips Memasak Daging Biar Lebih Empuk, Begini Caranya
Ilustrasi daging sapi. (Pixabay/Reinhard Thrainer)

Selain mencampurkan dengan bahan lain, untuk membuat tekstur yang empuk pada daging maka saat dimasukkan ke bumbu jangan langsung dimasukkan air. Tunggu sampai daging berubah warna dan tekstur, kurang lebih selama 10 menit. Baru setelah itu air bisa dimasukkan sesuai kebutuhan.

“Kemudian masak dengan api kecil sambil ditutup. Cara ini bisa membuat tekstur daging menjadi empuk dalam artian daging tidak hancur,” ujar Chef Bahran.

Dirinya menambahkan, ada beberapa kesalahan yang sering dilakukan sehingga daging menjadi tidak empuk ketika disajikan. Contohnya daging yang digunakan tidak di cuci dengan bersih, memasukkan daging ke bumbu yang belum matang, langsung menambahkan air ketika daging dimasukkan ke bumbu, dan memasak dengan menggunakan api besar.

Kesalahan-kesalahan tersebut tentunya bisa dihindari. Dengan begitu masakan berbahan daging bisa terasa lebih lezat. Selain karena bumbunya yang kaya akan rempah sehingga menggoyang lidah, tekstur daging yang empuk juga meningkatkan nafsu makan. Selamat mencoba.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US