The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Mencoba Mie Ayam Indonesia di Amerika, Seperti Apa Rasanya?
Food Truck mie ayam Indonesia di Amerika. (Susi Fatimah/IDZ Creators)
Food

Mencoba Mie Ayam Indonesia di Amerika, Seperti Apa Rasanya?

Minggu, 03 Juli 2022 10:50 WIB 03 Juli 2022, 10:50 WIB

INDOZONE.ID - Merantau ke luar negeri tentu memiliki tantangan tersendiri, khususnya saat kangen makanan Tanah Air. Enggak semua negara ada makanan Indonesia. Seperti hal-nya di Amerika Serikat, khususnya di Washington DC, makanan Indonesia tergolong langka dijual. 

Setidaknya hanya ada dua food truck yang menjual makanan Indonesia di ibu kota Amerika Serikat ini. Bermodalkan nonton vlog di YouTube dan search di Google, Tim IDZ Creators Susi Fatimah akhirnya mengetahui ada food truck yang menjual makanan Indonesia di area Washington DC, Maryland dan Virginia (DMV) area. Food truck tersebut bernama 'Sambal'.

mie ayam
Food Truck mie ayam Indonesia di Amerika. (Susi Fatimah/IDZ Creators)

Di food truck ini tersedia aneka makanan khas Indonesia seperti paket nasi dengan daging rendang yang dijual dengan harga $15 (Rp224.627), paket nasi dengan sate ayam $13 (Rp194.667), dan paket nasi dengan ayam kari $12 (Rp179.702). Mereka juga menawarkan paket makanan dengan nama Sumatra Platter dan Java Platter dengan harga $15 (Rp224.627) per porsi.

Selain paket nasi, juga ada menu mie ayam yang disajikan dengan sawi pokcoy serta topping ayam dan pangsit goreng 2 pcs. Karena penasaran dengan rasanya, Susi pun memesan mie ayam yang dibanderol dengan harga $12 (Rp179.702) ini. 

mie
Mie ayam Indonesia di Amerika. (Susi Fatimah/IDZ Creators)

Bentuk dan tekstur mienya mirip seperti spagethi yang bulat, tebal dan licin. Sementara itu untuk topping ayamnya tidak terlalu manis seperti mie ayam pada umumnya di Indonesia. Hanya saja rasa gurih pada mie ayam ini kurang terasa. Menurut Susi, mie ayam ini sudah mengikuti cita rasa warga lokal yang tidak terlalu suka rasa gurih dan asin.

"Bagi saya rasa gurih dan asinnya kurang banget, kurang micin kalau kata orang Indonesia. Cuma maklum aja karena memang orang sini engga suka asin dan engga pakai MSG," kata Susi yang mengaku senang ngidam mie ayamnya kesampaian.

Sementara itu, untuk porsi mie ayamnya cukup besar bagi orang Indonesia. Porsi mie ayam ini, menurut Susi, juga mengikuti porsi orang Amerika yang makan dalam porsi besar, sehingga makan satu porsi sangat kenyang sekali. 

mie
Food Truck mie ayam Indonesia di Amerika. (Susi Fatimah/IDZ Creators)

Dalam satu porsi mie ayam ini juga sudah termasuk 2 pcs pangsit goreng dengan isian ayam cincang. Pangsit gorengnya crispy dan cocok untuk menemani makan mie ayam. Dalam aatu paket mie ayam ini, kita juga dapat satu kotak kecil sambal sebagai pelengkap. 

Namun sayangnya sambal tersebut rasanya asam dan tidak terasa pedas sama sekali meski warnanya merah merona. Meski demikian Susi merasa beruntung bisa makan mie ayam ini karena berhasil mengobati rasa kangennya dengan makanan-makanan Indonesia.

"Mie ayamnya enak, lumayan banget mengobati kangen makan mie ayam," kata Susi.

Menurutnya, harga satu porsi mie ayam ini sesuai standar harga makanan di Amerika. Namun jika dikonversi ke rupiah harganya berkali-kali lipat, sebab harga satu porsi mie ayam gerobakan di Indonesia berkisar Rp15.000 hingga Rp25.000 untuk porsi lengkap dengan bakso dan pangsit rebus.

Tak hanya orang Indonesia, customer food truck 'Sambal' ini juga berasal dari warga lokal Amerika. Beberapa di antaranya terlihat ikut antre memesan sejumlah menu yang disajikan seperti rendang dan sate ayam.

mie ayam
Food Truck mie ayam Indonesia di Amerika. (Susi Fatimah/IDZ Creators)

Food truck 'Sambal' yang didominasi warna kuning ini setiap harinya berpindah-pindah lokasi jualan. Tak ada lokasi tetap untuk berjualan. Calon pembeli yang hendak memesan makanan harus terlebih dahulu mengecek lokasi mangkal food truck di website www.sate.co

Di website tersebut dicantumkan jadwal mangkal food truck selama satu minggu kedepan. Biasanya, food truck Sambal mangkal di depan apartemen-apartemen di wilayah Virginia dan Maryland serta saat ada event-event di Washington DC.

Pemilik food truck 'Sambal' merupakan pasangan suami istri asal Indonesia yang sudah melakoni bisnis kuliner ini di Amerika sejak 2012 lalu. Usaha ini sempat tutup saat wabah Covid-19 melanda. Semula, pemilik memiliki 3 buah food truck, namun terpaksa menjual 2 food truck-nya karena imbas dari Covid-19, dan kini yang tersisa 1 food truck.

Buat kamu yang sedang berjalan-jalan atau menetap di daerah DMV area bisa mencoba makanan Indonesia di food truck 'Sambal' ini. Rasa mie ayamnya sukses mengobati rasa kangen makanan Indonesia. Selamat mencoba!

Bikin cerita serumu dan dapatkan berbagai reward menarik! Let’s join IDZ Creators dengan klik di sini.

IDZ Creators
IDZ Creators
TAG
Yayan Supriyanto
Susi Fatimah
Susi Fatimah

Susi Fatimah

Community Writer
TERKAIT DENGAN INI

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US