The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

5 Makanan dengan Rasa ‘Ajaib’ Sedunia, Ada Selai Terong dan Keripik Kebab!
Selai rasa terong (Elisa Oktaviana/IDZ Creators)
Food

5 Makanan dengan Rasa ‘Ajaib’ Sedunia, Ada Selai Terong dan Keripik Kebab!

Jumat, 01 Juli 2022 10:01 WIB 01 Juli 2022, 10:01 WIB

INDOZONE.ID - Seperti halnya dunia fashion, ranah kuliner juga terus berinovasi. Banyak produsen makanan dan minuman yang menciptakan varian rasa baru, baik yang klasik maupun unik. Ada juga yang menghadirkan rasa lokal, untuk menarik segmen konsumen tertentu. Di Indonesia misalnya, ada Indomie dengan varian rasa makanan khas suatu daerah dan varian rasa kuliner yang lagi trend.

Di Turki juga banyak produk makanan-minuman dengan varian rasa lokal alias Turki banget!

Keripik kentang rasa kebab

ruffles kebab
Keripik kentang rasa kebab (Elisa Oktaviana/IDZ Creators)

Kebab, kuliner khas Turki yang mendunia ini menginspirasi produsen Ruffles. Produsen keripik kentang asal Amerika Serikat ini mengeluarkan varian rasa kebab. Ruffles mencoba menarik konsumen di Turki, dengan pendekatan rasa lokal.

Coklat rasa baklava

baklava
Coklat rasa kue baklava (Elisa Oktaviana/IDZ Creators)

Baklava, kue tradisional Turki ini semula hanya dibuat di dapur Istana Topkapi, Istanbul. Hidangan penutup ini disuguhkan untuk para sultan, kaum elit dan bangsawan. Baklava mulai dikonsumsi luas, akhir abad ke-19. Kue yang terbuat dari adonan pastry, gula, mentega, sirup atau madu, susu sapi dan kacang-kacangan ini, jadi oleh-oleh ‘wajib’ kalau traveling ke Turki.

coklat rasa baklava
Produk makanan yang rasanya 'Turki' banget (Elisa Oktaviana/IDZ Creators)

Mau yang lebih spesial? Kalian bisa mencoba coklat rasa baklava. Teksturnya renyah, ada potongan kacang pistachio dan pastry yang berpadu sempurna dengan coklat.

Mayones rasa buah zaitun

mayones buah zaitung
Mayones rasa buah zaitun (Elisa Oktaviana/IDZ Creators)

Turki merupakan produsen buah zaitun terbesar keempat di dunia, setelah Spanyol, Yunani dan Italia. Selain dikonsumsi langsung, buah zaitun juga diolah menjadi minyak dan campuran berbagai produk makanan. Mulai dari snack seperti keripik kentang sampai mayones rasa zaitun, melimpah di Turki.

Kopi Turki rasa delima dan pistachio

kopi turki
Kopi Turki rasa delima dan pistachio (Elisa Oktaviana/IDZ Creators)

Turki merupakan salah satu produsen delima terbesar di dunia! Ada sekitar 90 jenis delima yang tumbuh di negara ini. Kalian bisa menemukan banyak banget olahan delima. Seperti jus, salad dressing, lokum alias Turkish delight, ragam dessert, teh sampai kopi! Buat kalian yang ngaku coffee lovers, bisa coba varian kopi Turki rasa delima.

Terlalu nyeleneh? Gimana kalau kopi rasa kacang pistachio? Kebayang harumnya kopi sangrai bercampur aroma khas pistachio. 

Selai terong

selai terong
Selai rasa terong, unik! (Elisa Oktaviana/IDZ Creators)

Selai jadi bagian penting dalam tradisi kuliner Turki. Saat sarapan, aneka selai ‘wajib’ ada di atas meja makan. Di Turki, ada puluhan jenis selai, mulai dari buah-buahan, bunga-bungaan sampai sayur-mayur.

Salah satu yang terunik, selai terong. Jenis selai ini melimpah di pasaran. Engga aneh, karena terong tumbuh subur di Turki! 

Bikin cerita serumu dan dapatkan berbagai reward menarik! Let’s join IDZ Creators dengan klik di sini.

IDZ Creators
IDZ Creators

TAG
Rini Puspita
Elisa Oktaviana
Elisa Oktaviana

Elisa Oktaviana

Community Writer
JOIN US
JOIN US