The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Makanan dan Minuman yang Bisa Meredakan Sakit Saat Menstruasi
Ilustrasi. (Envatoelements/Prostock-studio)
Food

Makanan dan Minuman yang Bisa Meredakan Sakit Saat Menstruasi

Semoga tak sakit lagi ya!

Rabu, 26 Februari 2020 15:40 WIB 26 Februari 2020, 15:40 WIB

INDOZONE.ID - Menstruasi pada sebagian wanita bisa menjadi mimpi buruk karena mereka harus merasakan sakit luar biasa setiap bulannya.

Sakit saat menstruasi berbeda-beda, mulai dari kram perut, sakit kepala, muntah, meriang, sakit pada seluruh bagian tubuh hingga tak sadarkan diri.

Untuk mengatasi sakit pada saat menstruasi, kamu pasti pernah mencoba obat pereda nyeri. Padahal mengonsumsi obat pereda nyeri setiap bulannya dapat memberikan efek samping jangka panjang yang dapat mengganggu kesehatan.

Nyeri saat menstruasi dapat dikurangi dengan melakukan olahraga secara rutin, mengompres perut dengan air hangat, menghindari stres serta berbaring dengan tenang sambil mengangkat kedua kaki.

Selain itu, tak ada salahnya jika kamu mengonsumsi makanan dan minuman yang dapat mengurangi rasa sakit saat menstruasi seperti di bawah ini.

1. Air Hangat

Makanan dan Minuman yang Dipercaya Bisa Meredakan Sakit Saat Menstruasi
Ilustrasi minum air hangat. (Envatoelements/Prostock-studio)

Saat menstruasi, otot perut dan rahim menjadi lebih kencang akibat meningkatnya sirkulasi darah, hal ini menimbulkan rasa sakit dan kram. Meminum air hangat akan membuat tubuh lebih rileks karena lancarnya aliran darah.

2. Jahe

Makanan dan Minuman Bisa Meredakan Sakit Saat Menstruasi
Ilustrasi jahe. (Envatoelements/sea_wave)

Jahe memiliki kemampuan untuk menghambat prostaglandin yang memicu terjadinya kontraksi dan kram pada perut.

Selain itu, mengonsumsi jahe pada saat menstruasi dapat mengurangi keluarnya darah berlebih, sehingga cocok untuk meredakan nyeri perut kamu. Namun jangan berlebih ya, karena jahe bisa saja membuat kamu jadi diare.

3. Sayuran Hijau

Makanan dan Minuman Bisa Meredakan Sakit Saat Menstruasi
Ilustrasi sayuran hijau. (Envatoelements/amenic181)

Sayuran hijau memiliki banyak manfaat bagi tubuh, terutama untuk membantu kamu saat sakit. Semua sayuran hijau sangat baik, tapi untuk meredakan kram saat menstruasi, kamu bisa mengonsumsi bayam dan kangkung yang dapat membuat otot dan saraf menjadi lebih rileks.

Selain itu, ada juga brokoli yang mengandung serat tinggi yang mampu melancarkan dan mengurangi rasa sakit saat menstruasi.

4. Buah

Makanan dan Minuman Bisa Meredakan Sakit Saat Menstruasi
Ilustrasi buah-buahan. (Envatoelements/lyulkamazur)

Buah pisang, alpukat dan jeruk dapat mengurangi rasa sakit saat menstruasi karena kandungan vitamin dan mineralnya yang mampu meredakan ketegangan otot-otot di perut.

Selain itu, nanas sebagai buah yang sering dipandang sebelah mata karena mitos-mitosnya ternyata mampu menghilangkan kram saat menstruasi, lho. Kandungan lengkap vitamin, mineral serta antioksidan sangat ampuh dan bisa kamu andalkan.

5. Kacang

Makanan dan Minuman Bisa Meredakan Sakit Saat Menstruasi
Ilustrasi kacang. (Envatoelements/Fasci)

Kacang-kacangan ternyata dapat membantu meredakan sakit saat menstruasi sekaligus dapat kamu gunakan sebagai menu camilan sehat. Pilihlah kacang-kacangan alami yang masih belum diberi tambahan garam ataupun gula, ya.

6. Gandum

Makanan dan Minuman Bisa Meredakan Sakit Saat Menstruasi
Ilustrasi gandum. (Envatoelements/eAlisa)

Gandum murni berupa oatmeal bisa kamu andalkan untuk menjadi pengganti kebutuhan karbohidrat saat sedang menstruasi.

Karena kandungan serat yang tinggi, oatmeal mampu meredakan ketegangan otot dan saraf sehingga kram yang kamu rasakan akan mereda.

7. Ikan dan Telur

Makanan dan Minuman Bisa Meredakan Sakit Saat Menstruasi
Ilustrasi ikan. (Envatoelements/tycoon101)

Ikan dan telur mengandung protein yang cukup tinggi dan kandungan vitamin D yang mampu mengurangi kram saat menstruasi.

Hal ini disebabkan karena vitamin D mampu melawan prostaglandin dan memberi efek rileks pada rahim sehingga memberikan manfaat yang baik pada tubuh saat sedang menstruasi.


Nah itu tadi beberapa bahan makanan serta minuman yang dapat kamu konsumsi saat sedang menstruasi. Semoga dapat membantu ya.


Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Desika Pemita
Yulia Marianti
Dita Rana
Dita Rana

Dita Rana

Community Writer

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US