The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Berulang Kali Disebutkan dalam Al-Qur’an, 3 Buah Surga Ini Tumbuh Melimpah di Turki
Buah surga yang tumbuh subur di Turki (Elisa Oktaviana/Z Creators)
Food

Berulang Kali Disebutkan dalam Al-Qur’an, 3 Buah Surga Ini Tumbuh Melimpah di Turki

Sabtu, 06 Agustus 2022 13:35 WIB 06 Agustus 2022, 13:35 WIB

INDOZONE.ID - Dari beragam varian buah di dunia, beberapa diantaranya spesifik disebutkan dalam Al-Qur'an. Bukan cuma kurma, lho. Buah-buahan tersebut ada yang mudah ditemukan hingga yang terbilang agak jarang.

Nah, di Turki kamu bisa dengan mudah menemukan tiga buah di antaranya karena tumbuh sumbur di sana.

1. Zaitun

Ada tumbuhan yang disebutkan dalam Al-Qur’an, sampai tujuh kali, yaitu zaitun. Inilah pohon yang pertama kali tumbuh di bumi. Pohon ini tumbuh di rumah-rumah nabi dan beberapa tempat suci.

Pohon zaitun merupakan pohon pertama yang tumbuh kembali setelah peristiwa banjir besar di zaman nabi Nuh as. Pohon yang diberkahi ini pernah didoakan oleh 70 nabi.

zaitun turki
Zaitun tumbuh subur di Turki (Elisa Oktaviana/Z Creators)

Pohon zaitun juga tumbuh melimpah di Turki. Mulai dari perbukitan, kawasan pantai, sampai tengah kota. Ada lebih dari 190 juta pohon zaitun di Turki, dengan 90 varietas berbeda. Mayoritas tumbuh subur di kawasan Laut Tengah, Marmara, Aegean dan Tenggara Turki. Pohon zaitun bisa berbuah hingga 150 tahun! Masa panennya antara November sampai Maret.

zaitun
Zaitun dengan beragam isian (Elisa Oktaviana/Z Creators)

Buah zaitun biasanya dijadikan campuran salad, campuran meze atau appetizer khas Turki, isian atau topping roti, topping pizza dan kuliner tradisional lain.

2. Tin

Tin sangat istimewa, karena dalam Al-Qur’an, Allah SWT bersumpah dengan menyebut nama buah ini. Turki merupakan produsen terbesar sekaligus sumber genetik terpenting buah Tin di dunia. Dari Turki, buah ini menyebar ke negara-negara Mediterania seperti Spanyol, Italia, Prancis, Yunani, Tunisia, Maroko, Aljazair, dan Portugal.    

buah tin
Buah tin subur di Turki (Elisa Oktaviana/Z Creators)

Dalam bahasa Turki, Tin atau Ara disebut Incir. Ada ratusan varietas Tin, namun yang banyak dibudidayakan di sini mulai dari Tin hijau dan hitam-ungu. 

Di pasar-pasar tradisional dan supermarket, Tin segar harganya sekitar Rp25 ribu per kilogram. Ada juga buah Tin yang dikeringkan. Orang Turki menyebutnya kuru incir

buah tin
Selai buah tin (Elisa Oktaviana/Z Creators)

Buah Tin kering biasanya dikonsumsi saat sarapan atau malam hari, sebagai pendamping minum teh atau kopi. Harga kuru incir sekitar Rp60 ribu per kilogram. Meski tanpa bahan pengawet, Tin kering bisa bertahan hingga 6 bulan. 

3. Delima

Buah yang disebut ‘rumman’ ini tercantum dalam surah ar-Rahman ayat 68, surah al-An’am ayat 99 dan ayat 141.

delima
Delima, buah santapan bidadari surga (Elisa Oktaviana/Z Creators)

Allah SWT menyebut delima sebagai salah satu dari buah-buahan surga. Orang Persia mulai membudidayakan delima sejak zaman kuno. Delima kemudian menyebar ke negara-negara di pesisir Mediterania atau Laut Tengah, termasuk Turki. Bahkan Turki merupakan salah satu produsen delima terbesar di dunia.

delima turki
Molase terbuat dari delima (Elisa Oktaviana/Z Creators)

Selain dikonsumsi langsung, delima juga diolah menjadi berbagai produk. Salah satunya molase, yang digunakan untuk saus salad dan pelengkap kuliner tradisional. Mulai dari kebab, bakso sampai aneka puding. 

Bikin cerita serumu dan dapatkan berbagai reward menarik! Let’s join Z Creators dengan klik di sini.

Z Creators
Z Creators

TAG
Rini Puspita
Elisa Oktaviana
Elisa Oktaviana

Elisa Oktaviana

Community Writer
JOIN US
JOIN US