The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Cara Menyimpan Tempe Agar Tetap Awet dan Bagus, Keluarkan dari Daunnya Ya!
Cara agar tempe awet. (Zcreators/Sheilla Nisya)
Food

Cara Menyimpan Tempe Agar Tetap Awet dan Bagus, Keluarkan dari Daunnya Ya!

Jumat, 17 Maret 2023 17:00 WIB 17 Maret 2023, 17:00 WIB

INDOZONE.ID - Tempe adalah salah satu panganan yang disukai di Indonesia. Tempe bisa dijadikan sebagai lauk utama maupun pendamping yang nikmat serta dapat dibuat dengan ragam resep. 

Namun, tempe sendiri adalah jenis lauk yang bisa cepat basi dan lama kelamaan rasanya akan berubah. Hal ini dikarenakan, lauk ini dibuat dengan cara fermentasi.

Tidak perlu khawatir, karena ada beberapa cara membuat tempe tidak cepat basi, untuk nantinya kamu santap dalam keadaan baik. Simak, yuk!

Cara Agar Tempe Lebih Awet

1. Simpan dalam keadaan utuh atau tidak dipotong-potong


Cara terbaik menyimpan tempe adalah membiarkannya dalam keadaan utuh. Karena apabila tempe sudah dipotong-potong, maka sisi kanan dan kirinya akan mengering saat terkena udara. Bukan hanya itu, membiarkannya utuh akan mencegah rasa tempe berubah.

Baca Juga: 6 Resep Olahan Tahu yang Enak dan Simple, Cocok untuk Lauk!

2. Pilih tempe yang kualitasnya bagus


Pemilihan tempe juga penting bagi awet tidaknya, enak tidaknya tempe tersebut saat disantap nanti. Tempe yang kualitasnya bagus, memiliki tekstur yang ringan ketika ditekan.

Selain itu, warna kedelainya harus kekuningan, sementara jamur tempenya berwarna putih. Untuk itu, kamu perlu menghindari tempe yang sudah kecokelatan, karena tempe tersebut sudah tidak segar.

3. Bumbui sebelum disimpan


Cara lain yang bisa kamu coba adalah dengan membumbui tempe. Kamu cukup menyiapkan bawang putih, garam secukupnya, dan air untuk melarutkannya.

Ini berguna sebagai rendaman tempe sebelum tempe akan dimasukkan ke dalam kulkas. Selain lebih awet, garam dan bawang membuat rasa tempe lebih enak ketika nanti diolah. 

Baca Juga: Menu Lauk Tahan Lama untuk Anak Kos yang Praktis dan Enak Bisa buat Sahur

4. Taruh tempe di tempat yang kedap udara


Wadah atau tempat menyimpan tempe juga perlu diperhatikan ya! Wadah yang kering dan bersih sangat menunjang perubahan kualitas tempe. Wadah kedap udara juga menjaga tempe dari kerusakan serta kontaminasi makanan lain. Kamu juga perlu mengeluarkan tempe dari bungkus daunnya dan memindahkannya ke plastik bersih sehingga lebih awet.

5. Jangan simpan tempe di freezer


Salah satu cara membuat tempe awet adalah dengan memasukkannya ke dalam pendingin. Namun, bukan berarti bisa dimasukkan ke freezer, ya! Ini akan membuat tekstur, rasa, dan warna tempe berubah. 

Untuk itu, kamu cukup menyimpannya di area paling bawah kulkas agar kualitasnya tetap bagus dan awet. Jangan lupa diamkan selama 15 menit sebelum kamu mengolahnya menjadi santapan, ya!

Penulis: Aurelia Lois Bernadette

Artikel Menarik Lainnya:


TAG
Dewi Kania
Indozone
Dewi Kania
Editor
Indozone
Writer
JOIN US
JOIN US