Susah Tidur? Coba Deh Konsumsi 7 Makanan Ini
Ilustrasi susah tidur/medicalnewstoday.com
Food

Susah Tidur? Coba Deh Konsumsi 7 Makanan Ini

Sabtu, 07 Desember 2019 11:13 WIB 07 Desember 2019, 11:13 WIB

INDOZONE.ID - Apakah kamu sering mengalami susah tidur malam? Eits, jangan langsung buru-buru minum obat ya.

Konsumsi obat tidur bisa membuatmu ketergantungan dan tentu saja ada efek samping lainnya pada tubuh.

Kamu bisa kok mengonsumsi makanan-makanan alami tertentu untuk mengatasi kondisi susah tidur (insomnia).

Tak hanya itu, daftar makanan ini juga dapat membantu tidurmu lebih nyenyak.

Berikut ulasannya dirangkum Indozone dari berbagai sumber:

1. Ikan

ikan salmon
photo/Pixabay

Ikan yang kaya asam lemak omega-3, vitamin D dan B6 adalah makanan terbaik untuk atasi insomnia. Seperti, ikan salmon dan tuna.

Menurut Annals of the New York Academy of Sciences, kandungan pada ikan dibutuhkan untuk memproduksi melatonin (hormon mengantuk).

2. Almond

kacang almond
photo/Pexels/Irina Iriser

Kandungan magnesium dalam kacang almond bisa melepaskan stres dan membuat orang mengantuk.

Jadi, secara otomatis dapat meningkatkan kualitas tidur lelap di malam hari.

3. Madu

madu
photo/Pixabay

Susah tidur juga bisa diatasi dengan mengonsumsi madu karena di dalamnya ada kandungan tryptophan.

Tryptophan akan membantu serotonin dan melatonin pada tubuh untuk mengelola siklus tidur dengan baik.

4. Kentang

kentang
photo/Pixabay

Nggak cuma lezat, kentang juga menjadi sumber tryptophan (hormon tidur) bagi kamu yang sering susah tidur malam nih.

Apalagi, kentang memberikan efek yang dapat menenangkan pikiran dan tubuhmu.

5. Ubi

ubi kayu
photo/Pixabay

Selain kentang, konsumsi ubi pun bakal membantu meningkatkan kualitas tidurmu.

Pasalnya, di dalam ubi terdapat kandungan kalium untuk meregangkan otot, sehingga tubuh akan lebih tenang.

6. Ceri

buah ceri
photo/Pexels/Wendy van Zyl

Ceri juga merupakan makanan untuk susah tidur, yang dapat membantu mengurangi insomnia.

Buah ceri bisa diolah jadi jus. Konsumsi ceri bisa meningkatkan kualitas tidur karena ada komposisi melatonin di dalamnya.

7. Pisang

buah pisang
photo/Pexels/Juan Salamanca

Selain ceri, buah pisang dapat membantumu lebih cepat mengantuk. Kandungan potasium dan magnesium dalam pisang akan mengendurkan otot-otot yang tegang.

Jadi, supaya tidurmu nyenyak, cobalah konsumsi 1-2 buah pisang sebelum tidur ya.

Minuman Untuk Mengatasi Insomnia

Selain makanan di atas, beberapa jenis minuman berikut ini dapat membuatmu cepat tidur lelap.

Teh Chamomile

teh chamomile
photo/Suis Enceinte

Minum teh dipercaya ampuh meningkatkan relaksasi dan efek tenang pada tubuh. Sehingga, kamu cepat lelah dan tertidur.

Susu Hangat

susu hangat
photo/Pixabay

Seperti kita ketahui, khasiat susu hangat diyakini dapat membantu seseorang tidur nyenyak di malam hari.

Karena itu, banyak orang menerapkan kebiasaan minum susu sebelum tidur. Tapi sebaiknya, konsumsi susu rendah lemak ya.

Teh Hijau

teh hijau
photo/Pexels/Maria Tyutina

Menurut para ahli, secangkir teh hijau mengandung theanine yang mampu mendorong rasa kantuk dan membuatmu tertidur pulas.

Rebusan Akar Ginseng

rebusan akar ginseng
photo/Penn Herb

Menurut University of Chicago School of Medicine, ginseng dapat menjaga pola tidur dan membantu atasi insomnia.

Untuk dosis harian yang disarankan yaitu:

  • Akar ginseng sebanyak 1 gram sampai 2 gram per hari.
  • Ekstrak ginseng sebanyak 200 mg sampai 600 mg per hari.

Itulah beberapa makanan dan minuman untuk susah tidur yang bisa kamu konsumsi.

Semoga tulisan ini bermanfaat ya. Jangan lupa baca artikel lainnya hanya di INDOZONE.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Indozone
Rizka

Rizka

Writer
TERKAIT DENGAN INI

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU