The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Koma Selama 62 Hari, Pria Ini Langsung Sadar Setelah Dengar 'Ayam Goreng'
Kiri: Pasien sadar dari koma karena ayam goreng (Taiwan News) / Kanan: Ilustrasi ayam goreng (Unsplash)
Food

Koma Selama 62 Hari, Pria Ini Langsung Sadar Setelah Dengar 'Ayam Goreng'

Senin, 09 November 2020 15:10 WIB 09 November 2020, 15:10 WIB

INDOZONE.ID - Sebuah kejadian aneh dan tak biasa terjadi di Taiwan baru-baru ini. Seorang pria berusia 18 tahun bermarga Chiu, tiba-tiba sadar dari komanya gara-gara mendengar kalimat "ayam goreng".

Dilansir dari Taiwan News, Chiu koma selama 62 hari di rumah sakit setelah mengalami kecelakaan di jalan raya, bulan Juli lalu. Kecelakaan itu menyebabkan Chiu menderita berbagai luka serius dan kerusakan organ.

Chiu menderita hidrops subdural, pneumotoraks, luka limpa, ginjal kanan, dan hati, pendarahan dari fraktur rongga perut, perdarahan arteri iliaka umum, dan sebagian besar organ internalnya rusak parah.

Direktur ICU dari Rumah Sakit Ton Yen, Hsieh tsung-hsin, mengatakan Chiu langsung dioperasi sesampainya dia di rumah sakit. Kondisinya stabil, namun jatuh dalam koma.

Baca juga: Radang Otak, Gadis Aurora Sempat Koma, Kini Tak Bisa Bergerak usai Tulang Sumsum Diambil

Selama dua bulan, Chiu mengalami enam operasi dimana petugas medis berupaya keras memperbaiki sejumlah kerusakan di tubuhnya.

Selama koma, keluarga Chiu tetap berada di sisinya dan mendoakan kesembuhannya. Di hari ke-62, saudaranya bercanda mengatakan, "Aku aku akan mentraktirmu dada ayam goreng," ke tubuh Chiu yang koma.

Tak disangka, denyut nadi Chiu tiba-tiba menjadi lebih aktif dan organ vitalnya menunjukkan peningkatan signifikan. Chiu perlahan-lahan sadar dari komanya gara-gara ayam goreng!

Chiu sadar dari koma karena ayam goreng
Chiu sadar dari koma karena ayam goreng (Taiwan News)

Baca juga: Setelah 15 Tahun Koma, Pangeran Arab Saudi Ini Akhirnya Menggerakkan Tangannya

Petugas medis mengatakan kesembuhan Chiu tak terlepas dari kemampuan kuatnya untuk bertahan hidup. Setelah dirawat selama beberapa hari di rumah sakit sejak kesadarannya, Chiu sudah diizinkan pulang.

Sebelum pulang, tim medis memberikan kue kepadanya sebagai tanda selamat. Chiu juga sangat berterimakasih kepada tim medis yang berjuang keras menyelamatkan nyawanya.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Zega
Zega

Zega

Editor
JOIN US
JOIN US