The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Alasan Mengapa Kamu Tak Boleh Buang Minyak Goreng Bekas ke Wastafel
Ilustrasi minyak goreng. (Pixabay)
Food

Alasan Mengapa Kamu Tak Boleh Buang Minyak Goreng Bekas ke Wastafel

Senin, 02 Maret 2020 15:12 WIB 02 Maret 2020, 15:12 WIB

INDOZONE.ID - Bagi kamu yang punya kebiasaan untuk membuang minyak  goreng bekas ke wastafel, mulai sekarang hentikan kebiasaan itu. Karena, ini masalah yang akan ditimbulkan di kemudian hari.

Membuang minyak goreng bekas ke wastafel memang cara yang paling mudah untuk membersihkan wajan. Memang dalam waktu yang singkat tidak menimbulkan masalah, tapi lihat saja di kemudian hari, akan ada sesuatu yang menimpa wastafel kamu di rumah.

Harus diketahui bahwa minyak goreng yang setelah dipakai tidak selamanya berbentuk cair setelah suhunya dingin. Misalnya pada mentega atau minyak kelapa, umumnya kedua jenis minyak ini akan membeku atau menjadi padat setelah suhunya menjadi normal.

minyak goreng
Ilustrasi minyak goreng dan wastafel. (Pixabay)

Selain itu, sifat minyak yang tidak larut dalam air memungkinkan akan menempel pada dinding-dinding pipa wastafel. Kondisi itu yang membuat pipa mengalami penyumbatan di kemudian hari. Hal itu diperparah dengan sampah lain non-air yang masuk ke dalam pipa.

Kemudian, membuang minyak melalui wastafel juga akan menimbulkan masalah pada saluran pembuangan. Sebab, kandungan lemak dapat menyatu dengan zat-zat lain di dalam saluran pembuangan. Mereka bisa menjadi menumpuk dan membentuk fatberg.

Nah, jika ukuran fatberg semakin membesar, maka hal itu tentu saja menimbulkan masalah pada saluran limbah, misalnya aliran air yang tersumbat.

Jadi, mulai sekarang hentikan kebiasaan membuang minyak goreng bekas ke wastafel, ya!

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Muhammad Alfath Ishari
Nanda
JOIN US
JOIN US