The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

3 Jenis Makanan Fermentasi Kol dari Berbagai Negara yang Sangat Populer
Kubis atau kol. (freepik)
Food

3 Jenis Makanan Fermentasi Kol dari Berbagai Negara yang Sangat Populer

Ada kesukaanmu?

Minggu, 26 Juli 2020 15:57 WIB 26 Juli 2020, 15:57 WIB

INDOZONE.ID - Kol merupakan jenis sayuran yang memiliki kandungan gizi tinggi dan rasa yang enak. Kol bisa disajikan dalam berbagai menu makanan berkuah, digoreng maupun ditumis. Tak hanya menyehatkan, kol juga menjadi kudapan yang mampu memanjakan lidah.

Tak hanya daunnya, bonggol kol pun memiliki rasa yang enak apabila dimasak dengan berbagai macam olahan bumbu. Berikut ini deretan menu makanan populer yang menjadikan kol sebagai bahan utamanya.

1. Kimchi

3 Jenis Makanan Fermentasi Kol dari Berbagai Negara yang Sangat Populer
Ilustrasi kimchi. (freepik/timolina)

Kimchi merupakan makanan tradisional Korea yang sangat populer. Biasanya kimchi menjadikan kol, kubis atau sawi sebagai bahan utamanya. Sayuran kol yang telah dicuci bersih akan dilumuri bumbu merah cabai, garam, udang krill, kecap ikan, bawang putih, jahe, bubuk cabai merah. Kemudian difermentasikan.

Hampir setiap hari warga Korea mengonsumsi Kimchi, hal ini sudah menjadi sebuah kebiasaan yang dilakukan secara turun temurun. Kimchi tersedia dalam berbagai macam variasi diantaranya Baechu Kimchi, Kkakdugi Kimchi, Gat Kimchi, Oisobagi Kimchi, dan Buchu Kimchi.

2. Salad

3 Jenis Makanan Fermentasi Kol dari Berbagai Negara yang Sangat Populer
Ilustrasi salad. (freepik/timolina)

Memiliki rasa yang ringan membuat kol sangat mudah diaplikasikan pada berbagai menu makanan. Saat disajikan dalam keadaan mentah, kol tak hanya hadir dalam lalapan melainkan salad. Biasanya salad kol dikombinasikan dengan irisan wortel mentah, mayonaise dan mustard.

Menu salad kol cukup populer karena memiliki rasa dan tekstur yang sangat enak. Kita bisa menemukan salad kol pada deretan menu makanan bento ala Jepang.

3. Sauerkraut

3 Jenis Makanan Fermentasi Kol dari Berbagai Negara yang Sangat Populer
Ilustrasi sauerkraut. (freepik/timolinaa)

Tak hanya Korea yang memiliki makanan fermentasi yang terbuat dari kol. Jerman juga memiliki makanan fermentasi andalan yang bernama Sauerkraut. Sauerkraut merupakan irisan kol yang difermentasikan dengan berbagai macam bakteri seperti Leuconostoc, Lactobacillus, dan Pediococcus.

Setelah itu kol yang telah diberi bakteri  disimpan dalam beberapa waktu. Kemudian kol yang telah difermentasikan akan menciptakan rasa asam yang khas. Sauerkraut telah dikenal sejak abad ke-19 di Eropa Timur. Biasanya sauerkraut disajikan dalam keadaan polos, namun beberapa diantaranya ada juga yang menambahkan irisan wortel, apel atau cranberry serta dihidangkan dalam keadaan dingin.


Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Desika Pemita
Yulia Marianti
Syarifah Noer Aulia
TERKAIT DENGAN INI

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US