Mengapa Geisha Panama Jadi Kopi Paling Mahal Sedunia?
Ilustrasi kopi Geisha Panama. (Instagram/santos.cafe)
Food

Mengapa Geisha Panama Jadi Kopi Paling Mahal Sedunia?

Minggu, 23 Februari 2020 06:04 WIB 23 Februari 2020, 06:04 WIB

INDOZONE.ID - Varietas kopi bernama Geisha Panama disebut-sebut sebagai jenis kopi paling mahal di dunia. Lantas mengapa kopi jenis tersebut memiliki harga yang begitu mahal, ya?

Kopi yang pertama kali ditanam di Gesha, Ethiopia ini dihargai sekitar Rp14,4 juta per 450 gram. Jadi, jika memakai rasio 12 gram, maka secangkir kopi bisa dibanderol sekitar Rp350.000. Tak heran, karena harganya yang selangit membuat kopi jenis ini disebut sebagai kopi yang paling mahal di dunia.

Speciality Coffee Association (SCA), sebuah badan yang menetapkan standar dan penelitian terhadap jenis-jenis kopi di seluruh dunia selalu memberikan nilai yang tinggi untuk biji kopi Geisha Panama.

SCA selalu menggunakan skala penilaian hingga 100 poin. Nah, biji kopi Geisha Panama selalu mendapatkan poin di atas 90.

Tentu kualitas biji kopi Geisha dipengaruhi oleh lokasi penanaman kopi. Negara Panama, secara geografis memiliki daratannya yang sempit dan dekat dengan dua laut, yakni Pasifik dan Karibia, yang kemudian ditambah degan benturan angin dari arah yang berlawanan.

Jenis tanah di Panama merupakan tanah vulkanis dengan iklim Chiquiri, jenis iklim yang memiliki kondisi arus angin yang turun dari utara dan arus panas dari selatan.

Meski daratan Panama seolah menjadi hal yang spesial untuk penanaman kopi, akan tetapi kopi jenis ini juga bisa ditemukan di Costa Rica, Colombia, Brasil hingga Hawaii.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Muhammad Alfath Ishari
Nanda

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US