The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Bangga! Djawa Bikin Sate dan Opor Ayam Ngehits di Paris, Prancis!
Makanan Indonesia yang laris manis di Paris (Dada Sabra Sathilla/IDZ Creators)
Food

Bangga! Djawa Bikin Sate dan Opor Ayam Ngehits di Paris, Prancis!

Kamis, 05 Mei 2022 10:00 WIB 05 Mei 2022, 10:00 WIB

INDOZONE.ID - Menemukan makanan Indonesia di luar negeri bukan sesuatu yang mudah. Tapi di Paris, Prancis ada beberapa restoran Indonesia yang jadi tujuan turis Indonesia dan warga lokal alias para bule, salah satunya resto bernama Djawa.

Berada di 17 Rue du Faubourg de Temple, Paris, Prancis, restoran Djawa terlihat seperti restoran Prancis pada umumnya. Maklum kebanyakan pelanggannya adalah warga Paris. Tapi dari namanya, menujukkan bahwa Djawa menyediakan makanan Indonesia. 

djawa paris
Resto Djawa milik orang Indonesia keturunan Prancis (Dada Sabra Sathilla/IDZ Creators)

Keramahan khas Indonesia langsung terasa begitu Tim IDZ Creators, Dada Sabra Sathilla alias Dada masuk ke dalam restoran Djawa. Sebab, Dada disambut oleh Budi, Asisten Manager restoran asal Indonesia yang sudah menetap di Prancis sejak 30 tahun lalu.

Menurut Budi, makanan yang paling laris manis di Djawa adalah sate ayam. Namun kali ini Dada dan rekannya memilih nasi opor ayam dan nasi goreng untuk mengisi perut mereka.

Enggak disangka, cita rasa nasi goreng sapi dan opor ayamnya sangat mirip seperti di Tanah Air, lumayan buat ngobatin kangen Indonesia.

djawa paris
Nasi opor ayam yang disajikan di Djawa, Paris (Dada Sabra Sathilla/IDZ Creators)

Selama berada di dalam resto, Dada mengamati sekeliling dan merasa bangga. Karena pelanggan dan penikmat kuliner Indonesia di resto Djawa kebanyakan adalah bule Prancis. Sementara orang Indonesia yang berkunjung ke sini biasanya adalah diaspora atau turis Indonesia yang datang dari Belanda atau Jerman lalu mampir ke Paris.

djawa paris
Suasana di dalam resto Djawa (Dada Sabra Sathilla/IDZ Creators)

“Makanan di sini sudah disesuaikan dengan selera lokal, yaitu enggak pedas serta vegan friendly. Banyak vegan yang datang setiap hari. Untuk makanan yang paling banyak dipesan sate ayam.” ujar Budi saat menyajikan makanan untuk Dada dan rekannya.

Pemilik Restoran Djawa sendiri adalah warga Indonesia keturunan Prancis. Ia kemudian membuat 4 outlet Djawa di Prancis. Tiga di antaranya berada di Paris dan satu lainnya di wilayah Bordeaux.

Bikin cerita serumu dan dapatkan berbagai reward menarik! Let’s join IDZ Creators dengan klik di sini.

IDZ Creators
IDZ Creators

TAG
Rini Puspita
Dada Sabra Sathilla
Dada Sabra Sathilla

Dada Sabra Sathilla

Community Writer
JOIN US
JOIN US