The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Bawa Bekal Makan Siang, Lebih Baik Dihangatkan Dulu atau Tidak Ya?
Bekal makanan.(freepik)
Food

Bawa Bekal Makan Siang, Lebih Baik Dihangatkan Dulu atau Tidak Ya?

Disantap hangat

Selasa, 30 Juni 2020 14:09 WIB 30 Juni 2020, 14:09 WIB

INDOZONE.ID - Sejak adanya pandemi Covid-19 ada sejumlah kebiasaan masyarakat yang mengalami perubahan.  Contohnya, beberapa orang pekerja yang tadinya terbiasa makan di luar saat istirahat siang jadi lebih memilih membawa bekal. Alasannya karena takut makanan yang dijual kurang higienis.

Tapi sebenarnya, ada banyak manfaat yang bisa didapatkan ketika membawa bekal makan siang. Spesialis gizi klinis dr Raissa E. Djuanda, M.Gizi, Sp.GK mengatakan, saat membawa bekal makanan yang disiapkan biasanya lebih sehat, lebih higienis, dan lebih tertakar atau terkontrol gizinya. Bonusnya, membawa bekal bisa membantu menjaga berat badan.

“Berat badan juga bisanya lebih terkontrol karena tidak jajan di luar,” kata dr Raissa kepada Indozone saat dihubungi melalui pesan singkat, Selasa (30/6/2020).

Seperti yang diketahui, saat makan di luar, kebanyakan orang memilih menu makanan yang tinggi garam, gula, dan lemak. Makanan-makanan tersebut biasanya tinggi kalori sehingga apabila tidak dibakar maka bisa mengakibatkan obesitas atau kelebihan berat badan.

Bawa bekal makanan
Ilustrasi bawa bekal makanan (The Daily Meal)

Akan tetapi, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar bekal makan siang memberikan manfaat kesehatan yang optimal. Mulai dari menu makanan yang dipilih, cara untuk memakan, hingga waktu yang tepat untuk dikonsumsi. Dikatakan oleh dr Raissa, sebaiknya menu makanan yang dijadikan bekal makan siang menerapkan gizi seimbang yang terdiri dari karbohidrat, protein, lemak, vitamin, dan mineral.

Selain itu, beberapa orang mungkin ada yang memilih untuk menghangatkan bekal makan siangnya terlebih dahulu sebelum dikonsumsi. Diingatkan oleh dr Raissa, sebelum menghangatkan bekal makan siang, perhatikan jenis makanan dan durasinya.

“Kalau belum terlalu lama sejak dibawa dari rumah dan makanan tersebut tahan di suhu ruang, tidak perlu dipanaskan. Beberapa sayuran juga akan rusak kalau dipanaskan terus. Misalnya seperti bayam, buah bit, jamur, dan lobak yang tidak boleh dipanaskan,” kata dokter yang sering berbagi tips dan edukasi kesehatan di akun Instagram @dr.raissajuanda.

Dirinya menambahkan, agar bekal makan siang bisa lebih tahan lama, sebaiknya menggunakan kotak makan khusus yang tahan panas. Selain itu, pisahkan wadah untuk menyimpan lauk yang lebih mudah basi. Contohnya seperti sayuran.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US