The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Tips Mengolah Daging Kambing Agar Tidak Bau dan Alot
Ilustrasi/pixabay.com
Food

Tips Mengolah Daging Kambing Agar Tidak Bau dan Alot

Yuk cobain masak daging kambingnya!

Minggu, 11 Agustus 2019 12:36 WIB 11 Agustus 2019, 12:36 WIB

INDOZONE.ID - Saat Idul Adha biasanya kulkas di rumah bakal berlimpah daging hewan kurban. Terutama daging kambing yang biasanya lebih banyak dibagikan dibandingkan daging sapi.

Walaupun kamu termasuk penggemar hidangan daging kambing, bisa jadi kamu bukan termasuk yang gemar memasaknya sendiri di rumah. Pasalnya, mengolah daging kambing memang gampang-gampang susah.

Kelemahan utama makanan satu ini adalah bau khas dan akan alot jika pengolahannya tidak benar. Nah, untuk menghindari hal seperti itu kamu bisa menyimak tips-tips dalam mengolah daging kambing yang benar.

1. Jangan Dicuci Cukup Direbus

Daging kambing yang sudah disembelih ataupun kita beli dipasar tidak perlu dicuci terlebih dahulu saat akan dimasak. Karateristik daging ini memang sedikit unik. Kalau cara mengolah daging kambing nya dicuci dengan air, maka bau khas prengus kambing akan semakin keluar. Daging cukup direbus sampai mendidih dan buang kotoran dan busa yang keluar selama proses merebusnya. Setelah itu bisa dimasak dengan bumbu sop kambing, gulai kambing atau yang lainnya.

2. Basuhi Daging Kambing Dengan Parutan Buah Nanas

Cara mengolah daging kambing supaya tidak prengus selanjutnya adalah dengan menggunakan buah nanas. Kupas kulit luar buah nanas kemudian parut buah nanasnya (sebaiknya nanas yang masih muda). Setelah itu rendam daging kambing yang sudah dipotong-potong sesuai selera ke dalam parutan nanas. Pastikan semua daging terendam dalam parutannya. Tunggu sampai empuk atau kurang lebih selama 10 menit sampai 30 menit saja setelah itu bisa diolah dengan bumbu resep kambing andalan kamu. Tetapi jangan merendam terlalu lama karena nanti bisa menyebabkan daging kambing yang akan kita olah menjadi terlalu lembek teksturnya.

3. Rebus Daging Kambing Dengan Rempah-rempah

Kalau kamu lebih suka mencuci daging lebih dulu, sebaiknya rebus daging kambing yang sudah dicuci dengan campuran rempah-rempah berbau harum seperti daun jeruk, jahe, serai, dan kemangi.

4. Hilangkan Bau Dengan Membuang Lemak Daging Kambing

Selain dari dagingnya sendiri, bau prengus yang timbul dari daging kambing disebabkan karena lemaknya. Untuk itu sebaiknya lemak di daging kambing harus benar-benar dibuang terlebih dahulu. Untuk mempermudah proses ini, daging sebaiknya didinginkan terlebih dahulu di kulkas atau freezer. Setelah lemaknya mengeras kemudian bisa dengan mudah kita iris dan buang bagian lemaknya.

5. Parutan Buah Pir Juga Bisa Bikin Empuk

Selain menggunakan parutan buah nanas, buah lain yang bisa digunakan untuk membuat daging kambing cepat empuk dan hilang bau prengusnya adalah buah pir. Memang cara ini tidak umum di Indonesia, tetapi di luar negeri yang produksi buah pirnya lebih banyak, cara ini lebih sering digunakan daripada menggunakan buah nanas. Caranya hampir sama, kamu tinggal memarut pir kemudian dilumuri di permukaan daging kambing sampai rata. 

6. Cara Mengolah Kambing Dengan Air Jeruk Nipis

Tips terakhir untuk membuat daging kambing tidak bau prengus adalah menggunakan air jeruk nipis. Siram air jeruk nipis diatas permukaan daging kambing sampai rata. Diamkan supaya air jeruk nipisnya meresap kurang lebih selama kurang lebih 30 menit sampai 60 menit.

Nah, inilah 6 trik yang bisa kamu lakukan untuk mengolah daging kambing yang akan kamu masak supaya tidak bau dan alot.

TAG
Indozone
Indozone Media
Astrid

Astrid

Writer
Indozone Media

Indozone Food

Reporter
TERKAIT DENGAN INI
JOIN US
JOIN US