Bayam Dan 5 Makanan Ini Aman Untuk Orang Dengan Intoleransi Laktosa
pexels.com
Food

Bayam Dan 5 Makanan Ini Aman Untuk Orang Dengan Intoleransi Laktosa

Intoleransi Laktosa

Bela
Rabu, 15 Mei 2019 10:28 WIB 15 Mei 2019, 10:28 WIB
Intoleransi laktosa merupakan keadaan di mana tubuh tidak bisa memproduksi enzim laktase. Enzim tersebut berguna untuk mengurai laktosa, yaitu gula alami yang terkandung dalam susu dan produk turunannya. Penderita intoleransi laktosa bisa menyerang siapa pun, baik orang orang dewasa maupun anak-anak.

Orang dengan intoleransi laktosa diharuskan menghindari produk makanan susu beserta olahannya. Untuk tetap mendapatkan nutrisi yang baik, kamu bisa mengonsumsi makanan berikut.

1. Susu dari kacang-kacangan

pexels.com/rawpixel.com
(Source: pexels.com/rawpixel.com)
Meskipun kamu tidak bisa mengonsumsi susu dan produk olahannya. Tenang, kamu masih bisa menikmati produk susu yang berasal dari kacang-kacangan kok. Seperti susu kedelai dan susu almond. Dua produk susu tersebut bebas laktosa sehingga aman dikonsumsi oleh orang dengan intoleransi laktosa.

2. Bayam

pexels.com/Rodolfo
(Source: pexels.com/Rodolfo)
Bayam mengandung magnesium, zat besi, dan kalsium yang cocok sebagai makanan pengganti susu. Kandungan kalsiumnya aman dikonsumsi oleh orang dengan intoleransi laktosa. Bayam juga bermanfaat untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

3. Tahu

pixabay.com
(Source: pixabay.com)
Tahu merupakan produk olahan dari susu kedelai yang dikentalkan. Tahu tentunya aman dikonsumsi untuk orang dengan intoleransi laktosa. Tahu juga mengandung nutrisi mineral seperti kalsium, fosfor, magnesium dan zat besi yang dipercaya mampu menurunkan risiko osteoporosis.

4. Rumput laut

pixabay.com
(Source: pixabay.com)
Rumput laut juga bisa menjadi makanan pengganti susu sapi. Kandungan kalsiumnya yang tinggi baik untuk nutrisi tubuh. Kamu bisa menyajikannya dalam bentuk sup atau pudding.

5. Ikan

pixabay.com
(Source: pixabay.com)
Ikan merupakan sumber protein dan kalsium terbaik untuk orang dengan intoleransi laktosa. Jenis ikan yang bisa kamu konsumsi antara lain, sarden, salmon, dan tuna. Ikan tersebut cukup untuk memenuhi kebutuhan kalsium harian kamu.
    Indozone Media
    Indozone Media

    Bela

    Editor