The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Es Bir tapi Enggak Bikin Mabuk? Pas untuk Musim Hujan!
Es Bir Kotjok yang pas buat musim hujan (Vivi Sanusi/IDZ Creators)
Food

Es Bir tapi Enggak Bikin Mabuk? Pas untuk Musim Hujan!

Selasa, 11 Januari 2022 17:51 WIB 11 Januari 2022, 17:51 WIB

INDOZONE.ID - Kota hujan, Bogor, Jawa Barat, punya banyak kuliner tradisional yang legendaris. Bukan cuma makanan, minumannya juga beragam. Salah satu yang sudah mulai langka yakni Bir Kotjok.

Meski namanya bir, minuman ini dijamin Halal dan enggak memabukkan. Bir kotjok justru punya banyak khasiat untuk kesehatan, karena terbuat dari campuran kayu manis, jahe dan gula aren. Bahan-bahan tersebut dipercaya mampu mengatasi beragam keluhan seperti masuk angin sampai melancarkan peredaran darah.

bir kotjok
Bir Kotjok Abah legendaris sejak 1965 (Vivi Sanusi/IDZ Creators)

Cita rasanya manis, dan segar. Sensasi hangat langsung menyeruak sesaat setelah kamu minum bir tradisional ini. Pas banget diminum saat musim hujan.

Bir kotjok memang sudah mulai langka di Bogor, tapi kamu masih bisa menemukan yang legendaris, kalau mengunjungi Jalan Suryakencana, pusatnya kuliner di Kota Hujan. Namanya Bir Kotjok Si Abah, yang sudah eksis di Bogor sejak 1965.

bir kotjok si abah
Bir Kotjok kaya khasiat (Vivi Sanusi/IDZ Creators)

Sekarang, usaha Bir Kotjok Si Abah sudah dipegang oleh Eman, dari generasi ke-tiga. Menurut Eman, bir kotjok ini merupakan minuman racikan sang kakek yang biasa disajikan dalam acara pernikahan di kampung halamannya. Minuman kesehatan ini sangat dikenal dengan sebutan Bir Penganten.

bir kotjok
Penjual mengocok minuman di dalam tabung aluminium (Vivi Sanusi/IDZ Creators)

Sesuai namanya, bir kotjok, minuman ini disajikan ke pelanggan dengan cara dikocok terlebih dahulu di dalam tabung aluminium sampai berbusa, mirip bir.

Kalau suka dingin, sang penjual juga punya varian es bir kotjok. Penasaran mencoba? Minuman legendaris ini bisa kamu nikmati dengan membayar Rp5 ribu saja.

Gimana, mau mencoba?

Bikin cerita serumu dan dapatkan berbagai reward menarik! Let’s join IDZ Creators dengan klik di sini

IDZ Creators
IDZ Creators

TAG
Rini Puspita
Vivi Sanusi
Vivi Sanusi

Vivi Sanusi

Community Writer
JOIN US
JOIN US