The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

7 Trik Memasak Dasar yang Kamu Perlu Tahu
Ilustrasi memasak. (Pixabay/089photoshootings)
Food

7 Trik Memasak Dasar yang Kamu Perlu Tahu

Senin, 24 Agustus 2020 10:44 WIB 24 Agustus 2020, 10:44 WIB

INDOZONE.ID - Beberapa trik memasak sederhana dapat membuat hidangan yang membosankan menjadi lebih lezat atau menyederhanakan proses memasak kamu. Berikut 7 trik memasak dasar yang harus kamu tambahkan dalam aktivitas dapur kamu. 

1. Jangan membuat panci terlalu penuh.

Panci yang terlalu penuh membuat kemungkinan panas tidak akan menyebar dengan baik ke sisa makanan di dalam wajan, sehingga memengaruhi rasa atau, lebih buruk lagi, menimbulkan risiko kesehatan. Sebagai tindakan pencegahan, beri jarak beberapa inci di antara setiap item untuk memastikan mereka matang dengan sempurna.

2. Diamkan daging merah sebelum dipotong.

Untuk mencegah steak kehilangan bagian dalamnya yang berair, letakkan langsung di atas aluminium foil setelah dikeluarkan dari kompor atau pemanggang. Bungkus steak dengan hati-hati di dalam foil dan diamkan selama kurang lebih lima menit. Ini memungkinkan cairan mengendap sebelum kamu memotong daging. Daging akan terus dimasak saat berada di dalam foil. 

3. Matikan kompor sebelum telur matang.

Ilustrasi matikan kompor sebelum terlalu matang.
Ilustrasi matikan kompor sebelum terlalu matang. (Pixabay/Republica)

Trik untuk menghasilkan telur yang enak adalah dengan tidak terlalu lama memasaknya. Baik dalam menumis, menggoreng, atau merebus, selalu matikan kompor beberapa menit sebelum telur terlihat matang, bahkan ketika telur tampak masih sedikit encer. Sisa api akan memasaknya hingga matang dengan sempurna.

4. Simpan bumbu di lokasi yang tepat.

Untuk memperpanjang masa pakai bumbu, simpanlah di tempat sejuk dan gelap. Jangan simpan di atas kompor, karena panas dan kelembapan dapat mengubah rasanya.

5. Tambahkan garam ke air pasta mendidih.

Saat kamu membuat pasta, air mendidih yang mengasinkan akan menambah rasa dari dalam ke luar. Aturannya sekitar 1-2 sendok makan untuk sepanci besar berisi air, aduk hingga larut, dan setelah mendidih tambahkan pasta. Kedengarannya sederhana, namun ini akan meningkatkan cita rasa hidangan Anda.

6. Gunakan air pasta untuk membuat saus pasta.

Sebelum membuang air pasta bekas, tambahkan secangkir airnya ke dalam panci saus. Lalu, tambahkan pasta langsung ke dalam wajan.

Ilustrasi air rebusan pasta
Ilustrasi air rebusan pasta. (Pixabay/ulleo)

Air asin akan menambah rasa pada hidangan pasta kamu. Air pasta juga mengandung pati yang dapat digunakan untuk menyesuaikan konsistensi saus. Kamu mungkin akan menyukai trik ini dan tekstur pastamu akan tepat. 

7. Jaga agar akar bawang tetap utuh untuk membantu mengiris.

Bawang bombay sulit untuk diiris tanpa membuat kekacauan. Untuk memotong secara merata, jangan potong akarnya. Sambil menjaganya tetap utuh, kupas bawang bombay dan iris dengan arah horizontal. Kemudian, potong secara vertikal untuk membuat potongan cincang sempurna.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Abul Muamar
Reka
Abul Muamar

Abul Muamar

Editor
Reka

Reka

Writer
JOIN US
JOIN US