The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Mengenal Dessert dan Jenis-jenisnya, Dimakan Setelah Sajian Utama!
Dessert adalah makanan penutup (unsplash.com/@society_grace)
Food

Mengenal Dessert dan Jenis-jenisnya, Dimakan Setelah Sajian Utama!

Es krim jadi favorit!

Kamis, 23 Juni 2022 16:58 WIB 23 Juni 2022, 16:58 WIB

INDOZONE.ID - Dessert adalah makanan penutup atau makanan yang dimakan paling akhir setelah menu sajian utama. Dessert sering juga disebut sebagai makanan pencuci mulut

Sebutan tersebut muncul karena dessert berfungsi untuk menyegarkan mulut setelah menu utama yang cenederung berat dan berkarbohidrat. 

Dessert biasanya disajikan berupaka hidangan fresh, manis, dan juga ringan. Jadi, dessert tidak dapat mengenyangkan perut. Lalu, seperti apa dessert itu? Yuk kenalan sama jenis-jenis berikut ini. 

1. Hot Dessert 

dessert adalah
Souffle sebagai hot dessert (unsplash.com/@cais08)

Dessert ini dijasikan dalam bentuk hot atau panas, sesuai dengan namanya, tingkat kepanasan dessert ini mencapai suhu 40 sampai 50 derajat celsius. 

Contoh dari hot dessert ini adalah Souffle atau makanan manis yang terbuat dari telur serta bahan-bahan lain yang dipanggang. Adapun crepes, dan frittres atau celupan dari buah-buah yang digoreng. 

2. Cold Dessert

dessert adalah
Jelly sebagai cold dessert (unsplash.com/@jade_seok)

Cold dessert adalah hidangan penutup yang dihidangkan dalam keadaan dingin. Biasanya ini disantap untuk menyegarkan mulut sehabis memakan makanan yang panas atau pedas. 

Contoh cold dessert adalah Custard atau dessert yang dibuat dari bahan susu dan telur, jelly yang kenyal dan terbuat dari bahan dasar gelatin, hingga fruit salad

3. Frozen dessert 

dessert adalah
Ice cream sebagai frozen dessert (unsplash.com/@sebastiancoman)

Frozen dessert adalah jenis hidangan penutup yang disajikan dalam keadaan beku. Dessert ini cukup bervariasi dan sangat menyegarakan mulut. 

Contoh frozen dessert adalah es krim, sherbet atau es Italia, hingga smoothie yang berbahan dasar buah-buahan dan menyehatkan badan. 

Itulah beberapa jenis dessert yang dapat kamu pilih sebagai hidangan pencuci mulut. Es krim biasanya paling favorit. Kalau favorit kamu apa?

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Ikhsan
Ainal Zahra Nabila

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US