The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

8 Makanan yang Mengandung Kalsium dalam Jumlah Tinggi
Ilustrasi makanan yang mengandung kalsium (photo/pixabay/faiza_adamjee)
Food

8 Makanan yang Mengandung Kalsium dalam Jumlah Tinggi

Minggu, 26 September 2021 22:12 WIB 26 September 2021, 22:12 WIB

INDOZONE.ID - Makanan yang mengandung kalsium sangat baik dikonsumsi sehari-hari, karena dapat menjaga kesehatan tulang dan gigi.

Selain itu, makanan tinggi kalsium juga berperan penting dalam menjaga kesehatan jantung, memelihara saraf otak, dan mencegah kanker.

Jika selama ini kalsium identik dengan susu, ternyata ada beberapa makanan sumber kalsium yang bisa ditemukan dengan mudah.

Makanan yang Mengandung Kalsium

Berikut ini Indozone bagikan sumber makanan yang mengandung kalsium tinggi dari buah, sayuran, hingga minuman yang baik untuk ibu hamil dan dapat meninggikan badan.

1. Yoghurt


makanan yang mengandung kalsium tinggi
Ilustrasi yoghurt (photo/pixabay/ponce_photography)

Yoghurt, khususnya yoghurt rendah lemak adalah makanan yang mengandung kalsium tinggi dan vitamin D yang baik untuk pertumbuhan tulang.

Ada sekitar 260 mg kalsium yang terkandung di dalam 1 porsi yoghurt atau setara dengan 250 gram yoghurt.

Selain kalsium, pada yoghurt juga terdapat 20 gram protein dalam 7 ons greek yoghurt.

Yoghurt pun mengandung probiotik yaitu bakteri baik yang mampu menjaga sistem pencernaan dan meningkatkan daya tahan tubuh.

2. Keju


makanan tinggi kalsium
Ilustrasi keju (photo/pixabay/faiza_adamjee)

Hampir semua keju memiliki kandungan kalsium yang baik untuk menambah dan memelihara kesehatan tulang.

Tak hanya itu, makanan tinggi kalsium ini juga bermanfaat untuk menurunkan tekanan darah, meredakan peradangan, dan mengurangi risiko penyakit jantung.

Di antara semua jenis keju, kandungan kalsium pada keju parmesan umumnya lebih tinggi.

Dalam 30 gram keju parmesan, terdapat sekitar 330 mg kalsium yang memenuhi 33% kebutuhan harian.

3. Salmon


makanan sumber kalsium
Ilustrasi salmon (photo/pixabay/congerdesign)

Selain dikenal sebagai sumber lemak omega-3, ikan salmon juga mengandung kalsium yang cukup tinggi.

Dalam setiap 6 ons ikan salmon, terdapat kandungan 181 mg kalsium yang mampu mencegah osteoporosis dan mengurangi penyakit sendi.

Bukan itu saja, pada salmon terdapat vitamin D dan zat fosfor yang berperan penting mempercepat penyerapan kalsium.

4. Sarden


makanan yang mengandung kalsium
Ilustrasi sarden (photo/pixabay/DanaTentis)

Sarden merupakan salah satu makanan yang mengandung kalsium, tinggi protein, dan kaya akan asam lemak omega-3.

Dalam 100 gram ikan sarden segar terdapat kandungan 382 miligram kalsium, serta vitamin dan mineral yang baik untuk tubuh.

Inilah yang membuat ikan sarden bermanfaat untuk memperkuat tulang, mencegah kanker, dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

5. Udang


makanan yang mengandung kalsium untuk ibu hamil
Ilustrasi udang (photo/pixabay/AmandaE)

Udang ternyata kaya akan kalsium dan tinggi protein yang menyehatkan jantung serta menjaga kesehatan tulang dan gigi.

Dalam 100 gram udang rebon kering mengandung 2.306 miligram kalsium yang setara dengan 16 kali kalsium 100 gram susu sapi.

Hebatnya lagi, udang juga mengandung omega-3 yang mampu menunjang perkembangan otak janin, dan mencegah kelahiran prematur.

Tak heran, jika udang disebut pula sebagai makanan yang mengandung kalsium untuk ibu hamil.

6. Susu


minuman yang mengandung kalsium
Ilustrasi susu (photo/pixabay/Devanath)

Bukan rahasia lagi jika susu dikenal sebagai minuman yang mengandung kalsium dalam jumlah yang sangat tinggi. 

Dalam 1 gelas susu sapi memiliki kandungan kalsium 275–350 mg, sedangkan susu kambing mengandung 330 mg kalsium.

Hebatnya lagi, susu juga mengandung protein sebanyak 8 gram dalam satu cangkir, yang berkhasiat untuk meningkatkan massa otot, memperkuat tulang, dan menambah daya tahan tubuh.

7. Tahu


makanan yang mengandung kalsium
Ilustrasi tahu (photo/pixabay/waichi2021)

Makanan yang mengandung kalsium tinggi lainnya bisa ditemukan makanan yang terbuat dari kacang kedelai, seperti tahu.

Sebab, dalam satu mangkuk kecil tahu yang setara dengan 260 gram, terdapat 832 miligram kalsium.

Beberapa manfaat mengonsumsi tahu yaitu menurunkan kolesterol, mengontrol gula darah, dan memelihara fungsi dan kesehatan otak.

8. Bayam


sayuran yang mengandung kalsium
Ilustrasi bayam (photo/pixabay/ponce_photography)

Siapa sangka kalau bayam memiliki kandungan kalsium yang baik untuk meredakan peradangan, mencegah anemia, dan menjaga daya tahan tubuh.

Hal ini karena dalam setengah gelas bayam yang setara dengan 125 ml, terdapat 130 miligram kalsium.

Sayuran yang mengandung kalsium ini juga kaya akan kandungan vitamin C dan vitamin A yang mampu menutrisi tubuh.


Itulah deretan makanan yang mengandung kalsium dalam jumlah yang tinggi. Mana nih makanan favorit kamu?

Artikel Menarik Lainnya:

Fahrizal Daulay
Indriyana

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US