The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

9 Makanan Penunda Lapar yang Bikin Kenyang Lebih Lama
Ilustrasi makanan penunda lapar (photo/pixabay/MelanieFHardy)
Food

9 Makanan Penunda Lapar yang Bikin Kenyang Lebih Lama

Selasa, 14 September 2021 21:43 WIB 14 September 2021, 21:43 WIB

INDOZONE.ID - Tidak semua makanan bisa memberikan rasa kenyang lebih lama walaupun dikonsumsi dalam jumlah yang banyak.

Apalagi jika makanan tersebut tinggi kalori dan rendah gizi sehingga tidak dapat menutrisi tubuh dengan baik.

Mengonsumsi makanan penunda lapar bisa jadi pilihan yang tepat ketika nafsu makan meningkat tanpa takut berat badan bertambah.

Makanan Penunda Lapar

Makanan penunda lapar pada umumnya mengandung serat dan karbohidrat kompleks yang membutuhkan waktu lama untuk dicerna.

Indozone telah merangkum deretan makanan penunda lapar yang bikin kenyang lebih lama untuk kamu konsumsi sebagai snack diet maupun kudapan di malam hari.

1. Alpukat


makanan penunda lapar
Ilustrasi alpukat (photo/pixabay/stevepb)

Selain rendah kalori, alpukat juga merupakan sumber vitamin, asam folat, magnesium dan kalium yang baik bagi tubuh.

Alpukat pun mengandung lemak sehat yang dapat mengendalikan kadar kolesterol dan membantu tetap kenyang.

Tak hanya itu, lemak sehat baik untuk meningkatkan imunitas dan mendukung kesehatan kulit.

Kamu bisa mengonsumsi alpukat sebagai makanan penunda lapar dengan diolah sebagai jus atau dimakan langsung.

2. Yoghurt


makanan instan penunda lapar
Ilustrasi yoghurt makanan instan penunda lapar (photo/pixabay/ponce_photography)

Yoghurt terutama greek yoghurt merupakan asupan tinggi probiotik yang mengandung bakteri baik.

Yoghurt juga kaya akan protein dan kalsium yang mengurangi nafsu makan karena memberikan efek kenyang lebih lama.

Hebatnya lagi, yoghurt berperan dalam memperbaiki jaringan tubuh yang rusak, memelihara sistem pencernaan, menjaga kesehatan tulang, dan meningkatkan daya tahan tubuh.

Jadi, kalau kamu mencari makanan instan penunda lapar, maka yoghurt jawabannya.

3. Granola


snack penunda lapar
Ilustrasi granola snack penunda lapar (photo/pixabay/silviarita)

Granola adalah jenis makanan yang terdiri dari oat, kacang-kacangan, biji-bijian, dan buah-buahan kering.

Kandungan serat di dalam granola tak hanya mengenyangkan, namun juga bisa mengontrol nafsu makan.

Granola juga mengandung nutrisi lengkap, seperti vitamin, mineral, dan antioksidan yang baik untuk mendukung daya tahan tubuh.

Granola biasanya tersedia dalam bentuk bar yang bisa dimakan sebagai snack penunda lapar.

4. Apel


makanan penunda lapar malam hari
Ilustrasi apel makanan penunda lapar malam hari (photo/pixabay/ulleo)

Apel bisa jadi pilihan terbaik makanan penunda lapar di malam hari untuk kamu konsumsi.

Sebab, apel memiliki kandungan serat cukup tinggi yang dapat bikin kenyang lebih lama.

Dalam satu buah apel ukurang sedang mengandung 4,4 gram serat yang memenuhi 20% kebutuhan serat harian.

Untuk manfaat yang maksimal, makanlah buah apel tanpa mengupas kulitnya.

5. Roti gandum


makanan ringan penunda lapar
Ilustrasi roti gandum makanan ringan penunda lapar (photo/pixabay/MelanieFHardy)

Karena terbuat dari biji gandum, maka roti gandum lebih mengenyangkan daripada roti tawar.

Roti gandum juga lebih bergizi karena kaya akan serat dan rendah lemak, yang membantu melancarkan pencernaan.

Tak heran jika roti gandum disebut makanan ringan penunda lapar yang bisa dijadikan camilan.

Kamu bisa mengoleskan roti gandum dengan selai kacang atau dijadikan sandwich dengan isian sayur, buah, dan telur.

6. Telur


makanan untuk menunda lapar
Ilustrasi telur makanan untuk menunda lapar (photo/pixabay/Charly_7777)

Telur dapat mengurangi rasa lapar dan membuat rasa kenyang bertahan lebih lama. 

Hal ini karena telur merupakan sumber protein tinggi, yang dapat meningkatkan metabolisme dalam tubuh sekitar 20-35 persen.

Bukan itu saja, telur juga mengandung zinc (seng), fosfor, selenium, serta vitamin B6, vitamin D, vitamin E, dan vitamin K.

Agar lebih sehat, konsumsilah telur yang direbus. Jika ingin digoreng, pakailah minyak zaitun atau minyak kelapa.

7. Oatmeal


makanan penunda lapar saat diet
Ilustrasi oatmeal makanan penunda lapar saat diet (photo/pixabay/iha31)

Oatmeal terbuat dari biji-bijian utuh yang kaya akan kandungan serat dan karbohidrat kompleks.

Serat membuat kenyang lebih lama karena untuk mencernanya dibutuhkan kalori dua kali lebih banyak.

Hal inilah yang membuat oatmeal cocok dijadikan makanan penunda lapar saat diet.

Kamu bisa mengonsumsi oatmeal dengan tambahan topping buah segar seperti pisang, stroberi, mangga dan blueberry.

8. Kentang rebus


makanan sehat penunda lapar
Ilustrasi kentang rebus (photo/pixabay/RitaE)

Selain mengandung karbohidrat kompleks yang mengenyangkan, kentang juga kaya akan serat yang mampu menahan nafsu makan berlebih.

Kentang rebus juga dapat menutrisi tubuh berkat kandungan  folat, vitamin B, vitamin K, selenium, fosfor, zat besi, magnesium, dan kalsium.  

Mengonsumsi kentang rebus bukan hanya ampuh menurunkan berat badan, melainkan juga meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Hal inilah yang membuat kentang termasuk makanan sehat penunda lapar yang baik untuk dikonsumsi.

9. Pisang


makanan penunda lapar
Ilustrasi pisang makanan penunda lapar (photo/pixabay/stevepb)

Pada pisang terdapat karbohidrat dan potasium yang membuat perut kenyang lebih lama.

Pisang juga menjadi sumber energi karena mengandung gula alami seperti sukrosa, fruktosa, dan glukosa.

Inilah yang membuat pisang sering dikonsumsi saat sarapan, setelah berolahraga, dan ketika diet.

Tak heran jika pisang disebut sebagai salah satu makanan penunda lapar terbaik.


Itulah rekomendasi makanan penunda lapar yang bikin kenyang lebih lama. Mana nih yang paling kamu suka?

Artikel Menarik Lainnya:

Indriyana
Indriyana

Indriyana

Writer
JOIN US
JOIN US