The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

5 Makanan Sehat yang Ternyata Bisa Bikin Perut Kembung
Kale, sayuran hijau yang bisa bikin kembung. (pompi)
Food

5 Makanan Sehat yang Ternyata Bisa Bikin Perut Kembung

Selasa, 22 September 2020 19:00 WIB 22 September 2020, 19:00 WIB

INDOZONE.ID - Perut kembung sesungguhnya adalah kondisi wajar yang biasa dialami oleh banyak orang. 

Kembung terkadang menjadi tanda bahwa Anda mungkin mengalami penumpukan gas di saluran pencernaan dan ini sepenuhnya normal. 

Meski ada pula kondisi kembung tidak normal yang dapat menjadi reaksi tubuh terhadap kepekaan atau alergi makanan. 

Ternyata ada beberapa makanan pokok dan sehat yang kamu konsumsi secara teratur yang dapat menyebabkan kembung. 

1. Sayuran Hijau

Banyak sayuran hijau dianggap sebagai sayuran silangan yang kaya akan serat dan nutrisi. Namun sejumlah sayuran hijau seperti Kale mengandung gula yang tetap tidak tercerna sampai mencapai usus yang dapat menyebabkan gas dan kembung. 

Sebaiknya perhatikan porsi memakannya serta pilih untuk mengukus atau merebus sayuran ini agar lebih lembut dan dah dicerna.

2. Kopi

Kopi dapat menyebabkan radang lambung karena sangat asam. Ini juga bisa berkontribusi pada gastritis yang merupakan sekelompok kondisi yang dapat menyebabkan iritasi pada lapisan perut. 

Kopi bisa bikin kembung
Kopi. (Unsplash/@albert_s)

Konsumsi kopi juga bisa menyebabkan penyakit pencernaan di mana asam lambung mengiritasi lapisan pipa makanan. Jadi dengan begitu kamu mungkin saja mengalami kembung ketika rutin mengonsumsi kopi. 

3. Buah

Memakan sepotong buah setelah makan untuk hidangan penutup sangat umum, tetapi dapat menyebabkan kembung yang tidak diinginkan.

Laman aaptiv menyebutkan sebaiknya konsumsi buah sendirian atau sebelum makan. 

Setelah mengonsumsi sepotong buah, buah cenderung berfermentasi dan menyebabkan gas serta kembung. Sehingga kuncinya adalah waktu kapan buah harus dikonsumsi. 

4. Probiotik 

Suplemen probiotik dapat memperbaiki lingkungan di usus yang dapat menyebabkan kembung. Kondisi ini tidak sering terjadi dan biasanya akan reda dalam beberapa hari. 

5. Makanan Kaya Serat 

Makanan yang kaya serat , termasuk oatmeal dan kacang-kacangan, mengandung gula yang disebut oligosakarida dan sulit dicerna.

Ilustrasi kacang-kacangan bisa bikin kembung
Ilustrasi kacang-kacangan. (Pixabay/ExplorerBob)

Tubuh manusia tidak menghasilkan cukup enzim untuk memecah gula kompleks yang terkandung dalam kacang-kacangan. Akibatnya terjadi fermentasi sehingga menimbulkan gas dan kembung. Jadi perhatikan proporsi saat mengonsumsi makanan yang kaya serat.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Abul Muamar
Reka
Abul Muamar

Abul Muamar

Editor
Reka

Reka

Writer
JOIN US
JOIN US