The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Sambut Idul Fitri 2020, Begini Cara Bikin Opor Ayam yang Lebih Sehat
Opor ayam (ANTARA)
Food

Sambut Idul Fitri 2020, Begini Cara Bikin Opor Ayam yang Lebih Sehat

Alternatif menu sehat saat lebaran

Jumat, 22 Mei 2020 20:45 WIB 22 Mei 2020, 20:45 WIB

INDOZONE.ID - Masyarakat Tanah Air sudah tidak asing lagi dengan hidangan opor ayam saat Lebaran. Namun tahukah kamu kalau opor itu mengandung santan dan kalori tinggi sehingga cenderung tidak sehat jika dikonsumsi berlebihan. 

Kamu bisa membuatnya lebih sehat, yakni mengganti salah satu komponen opor ayam. Bagaimana caranya?

Ketua Yayasan Gerakan Masyarakat Sadar Gizi, Dr. Tirta Prawita Sari mengatakan opor ayam dan gulai biasanya mengandung santan dan Anda bisa mengganti santan dengan susu cair, yogurt atau produk lainnya. Hal sama juga bisa Anda terapkan pada menu rendang.

Selain itu, Anda bisa mengurangi asupan garam atau menggunakan garam diet. Untuk hidangan ayam, buang kulit ayamnya.

Opor ayam lebih sehat
Ilustrasi opor ayam (A Kitchen)

"Jika masih gunakan santan, pisahkan santan. Beri satu atau dua sendok makan ke dalam piring sebelum makan," ungkap Tirta dalam keterangan tertulisnya, seperti dikutip Antara, Jumat (22/5/2020).

Tirta yang berprofesi sebagai dosen Fakultas Kedokteran dan Kesehatan Universitas Muhammadiyah Jakarta itu merekomendasikan hidangan lain sebagai teman ketupat Lebaran, yakni sayur labu atau pepaya namun tak menggunakan santan, tetapi diganti seperti halnya rendang dan opor.

Bagi yang ingin menghidangkan menu sambal goreng kentang, bisa memanggang kentangnya alih-alih menggorengnya,

Kemudian, untuk hidangan ketupat atau lontong, Anda bisa mengganti berasnya dengan beras merah.

Tirta mengingatkan Anda, makanlah saat lapar datang dan berhentilah bila lapar sudah tidak terasa, jangan letakkan toples kue di depan Anda tetapi simpan di lemari, kunyah perlahan untuk memberi waktu kepada tubuh mencernanya.

"Untuk kue lebaran, disimpan di lemari, keluarkan dalam toples kecil. Ambil secukupnya. Maksimal 3 jenis kukis dan 1 buah per hari," menurut Tirta.

Terakhir, Lebaran hanya satu hari yaitu pada 1 Syawal saja, sehingga memasak menu idul fitri 2020 secukupnya agar habis dalam satu hari dan jangan berlebihan.

Artikel Menarik Lainnya:


TAG
Desika Pemita
Dinno Baskoro

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US