The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Sebuah Tips Biar Nggak Kalap Makan saat Lebaran
Kiri: Ketupat. (Instagram/@betamakan.mdn) / Kiri: Opor ayam. (Instagram/@maktiendailyfood)
Food

Sebuah Tips Biar Nggak Kalap Makan saat Lebaran

Jumat, 22 Mei 2020 16:38 WIB 22 Mei 2020, 16:38 WIB

INDOZONE.ID - Ada banyak menu makanan yang menggiurkan saat Lebaran. Menu makanan yang lezat seperti opor ayam, lontong, sambal dsb biasanya akan membuat kita mendadak kalap dan ingin memakan semuanya.

Nah, biar nggak kalap makan saat Lebaran, melakukan sarapan bisa menjadi kunci. Nutrition & Wellness Consultant Nutrifood, Moch. Aldis Ruslialdi mengatakan, saat sarapan sebaiknya mengonsumsi karbohidrat yang kompleks ketimbang sederhana. Jumlahnya sebaiknya tak lebih dari 1/3 piring, sesuai anjuran para pakar kesehatan.

"Karbohidrat kompleks, misalnya nasi merah. Lontong atau ketupat mending buat siang atau malam, ini agar kenyangnya awet," kata Aldis, dilansir dari Antara, Jumat (22/5/2020).

Kamu juga disarankan untuk mengonsumsi sayur-sayuran atau lauk pauk lainnya. Selain itu, perbanyak juga meminum air putih supaya perut tidak mudah meronta minta diisi saat mata terpapar sederet hidangan Lebaran di atas meja.

Tutup lauk pauk dan kue-kue, jangan memperlihatkannya sepanjang waktu agar mata tidak selalu terpapar dan memunculkan rasa lapar. Aldis juga mengingatkan agar tidak mengonsumsi nastar lebih dari 2 dalam sehari. Ingat, 1 buah nastar mengandung sekitar 40 kalori.

Mengontrol asupan makanan saat Lebaran sangat diperlukan demi menjaga kesehatan.

"Efeknya santan ke asupan lemak jenuh meningkat, tetapi tidak bisa dipungkiri kolestrol akan makin buruk, risiko plak di pembuluh darah tinggi. Makanan manis, gula sederhana, gula darah tinggi, asupan tepung, asupan kalori banyak deposit lemak tinggi," ujar Aldis.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Zal
Dina
Zal

Zal

Editor
Dina

Dina

Writer
JOIN US
JOIN US