The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Menjadi Baristan adalah Solusi untuk Ngopi Instan di Rumah Senikmat Racikan Ahli
Menjadi baristan untuk solusi ngopi instan di rumah. (Dok. Megapro).
Food

Menjadi Baristan adalah Solusi untuk Ngopi Instan di Rumah Senikmat Racikan Ahli

Ini singkatannya.

Selasa, 22 Maret 2022 16:24 WIB 22 Maret 2022, 16:24 WIB

INDOZONE.ID - Kalangan pecinta kopi di media sosial beberapa waktu lalu dihebohkan perdebatan menanggapi munculnya istilah ‘Baristan’. Sekilas mirip dengan kata ‘Barista’ yang merupakan profesi ahli meracik minuman kopi.

Belakangan diketahui ‘Baristan’ merupakan akronim dari ‘Barista Kopi Instan’ yang konsep dan istilah ‘Baristan’ diperkenalkan oleh produk kopi instan kemasan untuk para penikmat kopi di Indonesia.

Tanpa harus punya keahlian khusus, dengan kopi sachet seperti Caffino siapapun bisa merasakan sensasi membuat segelas kopi dengan kualitas yang tak kalah dengan kopi di kedai atau kafe favorit. 

Sejumlah public figure ikut angkat bicara mengenai konsep ‘Baristan’ yang pada awalnya sempat menuai polemik di dunia maya. Mulai dari sosok Barista Profesional Muhammad Aga, Chef Jerry Andrean yang merupakan Juara MasterChef Indonesia Season 7, hingga selebgram yang tengah populer dan juga penikmat kopi Livy Renata.

Menjadi baristan untuk solusi ngopi instan di rumah. (Dok. Megapro).
Menjadi baristan untuk solusi ngopi instan di rumah. (Dok. Megapro).

Dalam demo Baristan dan jumpa pers virtual yang digelar Selasa (22/3/2022), baik Aga dan Livy memperlihatkan bagaimana caranya meramu kopi instan untuk menjadi beberapa sajian ala kedai kopi mewah. Hanya dengan sebuah kopi sachetan, Aga membuat menu kopi hangat dan dingin yang dilengkapi topping menggoda. Bahkan visualnya terlihat terlihat istimewa dan mengugah.

"Visual sama pentingnya dengan taste," kata Aga dalam demo meracik kopi instan tersebut.

Muhammad Aga menilai, lepas dari perdebatan yang muncul, minum kopi merupakan budaya yang sudah mengakar bagi sebagian besar masyarakat Indonesia sejak dulu. Menurut Juara Indonesia Barista Championship 2018 ini banyak hal dan dampak positif yang terbentuk dari kebiasaan minum kopi, tanpa harus membeda-bedakan tentang pilihan jenis kopi racikan profesional ataupun kopi instan. 

“Bagi saya, untuk menghasilkan minuman kopi yang berkualitas, utamanya harus menggunakan bahan-bahan yang juga punya kualitas. Ini berlaku untuk barista profesional maupun orang awam. Jadi orang awam pun bisa punya pilihan dan cara untuk membuat sendiri kopi yang hasilnya juga enak dan berkualitas,” terang sosok yang juga ikut bermain di film Filosofi Kopi ini.

Hal senada diungkap Chef Jerry Andrean yang menyebut kopi sebagai salah satu minuman favorit masyarakat Indonesia yang bisa dinikmati dengan berbagai cara dan kesempatan. 

“Sama seperti memasak, membuat kopi yang dianggap enak tidak harus selalu dengan metode atau teknik yang rumit. Ada kalanya dengan cara sederhana kita pun bisa membuat sajian kopi yang enak. Selama suhu dan takaran airnya tepat dan cara menyeduhnya benar, maka segelas kopi yang dihasilkannya sudah pasti terasa mantap,” papar Chef Jerry.

Kenikmatan kopi sachetan juga diakui oleh sosok yang tenar di media sosial belakangan ini, Livy Renata. Sosok yang populer karena kepolosan dan gaya hidupnya yang high class ini bahkan mengaku hampir tidak pernah mencicipi kopi instan sepanjang hidupnya. 

“Terus terang Livy jarang banget minum kopi instan, Livy kalau minum kopi itu ya biasanya di kafe. Baru tahu sekarang kalau ternyata kopi instan Caffino rasanya bisa seenak ini. Kayaknya kalau gampang begini, Livy juga bisa nih bikin sendiri dan pasti enak. Maybe next time Livy bakal beneran jadi Baristan,” ungkapnya tertawa.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
M Fadli
M Fadli

M Fadli

Editor
JOIN US
JOIN US