The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Rahasia Masak Nasi Enak, Berawal dari Cara Mencuci Beras
Ilustrasi nasi. (Unsplash/Takafumi Yamashita)
Food

Rahasia Masak Nasi Enak, Berawal dari Cara Mencuci Beras

Selasa, 14 April 2020 12:36 WIB 14 April 2020, 12:36 WIB

INDOZONE.ID - Mencuci beras sebelum dimasak menjadi cara awal untuk meningkatkan rasa nasi. Selain soal rasa, alasan kita perlu mencuci beras sebelum dimasak yaitu karena kebersihan.

Mencuci beras dinilai penting karena beras telah melewati banyak proses sebelum dimasukkan ke karung. Jadi, sangat memungkinkan ada kotoran dan debu yang ikut masuk ke dalamnya.

Selanjutnya, alasan kita perlu mencuci beras yaitu untuk menghidrasi beras. Ketika biji-biji ini berada di dalam karung, sifatnya sedikit kering. Nah, biji-biji akan mulai menyerap air setelah dibilas atau dicuci.

Mencuci beras juga bisa menghempaskan residu yang bertepung melapisi bagian luar setiap butir beras. Memasak dengan residu ini bisa membuat tekstur nasi menjadi lengket.

cara mencuci beras agar nasi enak
Ilustrasi nasi. (Unsplash/pillepriske)

Lalu bagaimana cara mencuci beras yang disarankan?

Kamu mungkin bisa mencoba metode saringan. Gunakan saringan dengan jaring logam halus (satu yang cukup besar untuk nasi kamu). Kemudian, kucurkan air hangat atau dingin di atas beras.

Jika kamu mengalami kesulitan saat mengukur kejernihan dalam air yang mengalir melalui jaring, coba masukan beberapa beras ke dalam gelas bening.

cara mencuci beras yang disarankan
Ilustrasi nasi hangat. (Unsplash/Mgg Vitchakorn)

Selain metode saringan, kamu juga bisa mencoba metode mangkok. Caranya, masukkan beras ke dalam mangkuk dan tambahkan air secukupnya.

Kemudian, buang air beras tersebut dan tambahkan air baru. Lakukan secara berulang hingga beras benar-benar terlihat bersih.

Kebanyakan, orang-orang akan memilih metode mangkok karena dinilai lebih mudah dan tidak menghabiskan banyak air, karena tidak perlu membiarkan air mengalir terus menerun dari keran.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Zega
Dina
Zega

Zega

Editor
Dina

Dina

Writer
JOIN US
JOIN US