The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

6 Makanan Jepang yang Berkuah yang Mampu Hangatkan Badan
Ilustrasi ramen (\unsplash.com/@diegonacho)
Food

6 Makanan Jepang yang Berkuah yang Mampu Hangatkan Badan

Ramen dan udon favorit masyarakat Indonesia

Kamis, 09 Juni 2022 12:26 WIB 09 Juni 2022, 12:26 WIB

INDOZONE.ID - Makanan Jepang terkenal dengan rasanya yang gurih dan lezat. Di Indonesia, makanan Jepang cukup mudah ditemukan, bahkan banyak disajikan juga menjadi jajanan kaki lima. 

Makanan Jepang disukai oleh banyak orang Indonesia selain karena cocok di lidah, tetapi juga mempunyai teknik pengolahan yang unik. Selain itu, makanan Jepang juga terkenal menyehatkan dan sebagian menunya dapat menghangatkan badan. Biasanya, makanan berkuah mampu menghangatkan badan. 

Berikut ini beberapa makanan Jepang yang gurih dan mampu menjadi penghangat badan. 

1. Ramen 

makanan jepang
Ilustrasi Mie Ramen (unsplash.com/@5amramen)

Ramen adalah mie khas Jepang yang berbentuk lurus dan tipis. Makanan Jepang ini cukup nikmat dimakan saat keadaan dingin karena memiliki kuah yang berlimpah dan mampu menjadi penghangat badan. Kuah yang ada pada Ramen terbagi menjadi beberapa rasa, seperti kaldu ayam, kaldu sapi, kaldu babi, hingga kaldu sayuran. 

2. Shabu-shabu 

makanan jepang
Ilustrasi Shabu-shabu (livejapan.com)

Hidangan Jepang ini umumnya direbus bersama kuah kaldu spicy miso, kara miso, dan dashi miso. Shabu-shabu bukan hanya daging yang direbus, tetapi juga tahu, jamur, sayuran, hingga seafood. 

Daging yang biasanya dipakai pada Shabu-shabu pun beragam, mulai dari daging sapi, ayam, ikan, hingga gurita. Shabu-shabu dapat dinikmati dengan Gomadare atau saus Jepang yang mengandung wijen. 

3. Udon 

makanan jepang
Ilustrasi udon (unsplash.com/@jinomono)

Udon merupakan makanan Jepang yang juga menggunakan bahan dasar mie. Namun, bentuknya lebih besar, tebal, dan kenyal. Udon dapat disantap dengan kuah Dashi dan kecap asin ala Jepang atau yang dikenal juga sebagai Soy. 

Kini, udon disajikan dengan berbagai macam kuah dan topping tambahan, seperti curry udon, tempura, dan lainnya. Menu Jepang ini mampu menghangatkan badan. 

4. Sukiyaki 

makanan jepang
Ilustrasi Sukiyaki (id.wikipedia.org)

Hidangan Jepang berupa daging dan sayur-sayuran yang direbus di panci besi lainnya adalah Sukiyaki. Bumbu Sukiyaki dikenal dengan nama warishita yang terbuat dari kecap asin dan gula. Jika kamu ingin menikmati banyak daging sapi dan ingin menghangatkan tubuh, maka hidangan inilah yang tepat!

5. Chankonabe 

makanan jepang
Ilustrasi Chankonabe (ambassadors-japan.com)

Makanan Jepang yang nikmat dan mampu menghangatkan badan lainnya adalah chankonabe. Hidangan ini terkenal sebagai makanan yang digunakan oleh pegulat sumo untuk membentuk tubuh mereka.

Chankonabe dibuat diisi dengan daging ayam, baso sapi, jamur, dan sayuran. Tak heran jika pegulat sumo memiliki energi dan begitu kuat karena memakan ini. 

6. Motsunabe 

makanan jepang
Ilustrasi Motsunabe (foodinjapan.org)

Jeroan dan daging sapi dan daging babi yang dicampur bersama sayuran menjadi hidangan Jepang yang mampu menghangatkan tubuh. Mostunabe bisa kamu temukan di restoran-restoran Jepang yang ada di kotamu. 

Itulah beberapa makanan Jepang berkuah yang lezat dan menggugah selera. Ramen adalah menu favorit masyarakat Indonesia.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Ikhsan
Ainal Zahra Nabila

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US