The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

5 Oleh-oleh Khas Bandung Paling Populer, Kartika Sari Memimpin!
Ilustrasi oleh-oleh Bandung (shopee.co.id)
Food

5 Oleh-oleh Khas Bandung Paling Populer, Kartika Sari Memimpin!

Wajib bawa ini kalo abis dari Bandung

Kamis, 19 Mei 2022 11:51 WIB 19 Mei 2022, 11:51 WIB

INDOZONE.ID - Saat belibur ke Bandung, tidak lupa untuk membawa pulang oleh-oleh khas kota Bandung. Ada berbagai jenis buah tangan yang bisa kamu bawa pulang dari bandung. Namun, para wisatawan biasanya membawa pulang oleh-oleh makanan khas Bandung

Hal ini sudah kebiasaan setiap wisatawan yang berlibur ke Bandung. Biasanya, oleh-oleh tersebut akan diberikan kepada teman-teman, sanak saudara, ataupun kerabat dekat lainnya. 

Berikut ini beberapa oleh-oleh khas bandung yang paling populer dan umum dijadikan buah tangan atau sekedar dijadikan pertinggal liburan untuk di rumah. 

1. Pisang Bolen Kartika Sari 

oleh-oleh khas Bandung
Ilustrasi pisang bolen Kartika Sari (bukalapak.com)

Salah satu oleh-oleh khas Bandung yang sering dijadikan buah tangan sehabis berlibur ke Bandung adalah pisang bolen Kartika Sari. Makanan ini bisa dikatakan "memimpin" oleh-oleh lainnya karena biasanya Kartika Sari menjadi hal pertama yang dicari sebelum liburan di Bandung usai. 

Tak hanya pisang bolen, Kartika Sari juga menjual berbagai macam kue-kue atau bolu-bolu khas Bandung lainnya. Namun, pisang bolen lah yang paling populer, bahkan sejak tahun 1970an. Pisang bolen ini memiliki beragam variasi, mulai dari rasa keju hingga durian. 

2. Surabi 

oleh oleh khas Bandung
Ilustrasi surabi Bandung (infobdg.com)

Berlibur ke Bandung kurang lengkap rasanya jika tidak membawa surabi Bandung sebagai oleh-oleh. Meskipun di kota-kota lain, surabi dapat dinikmati, namun surabi Bandung memiliki cita rasa tersendiri. 

Salah satu toko surabi yang populer untuk dibawa menjadi oleh-oleh khas Bandung ialah surabi Enhaii yang berada di Jalan Setiabudi. 

3. Peuyeum

oleh-oleh khas Bandung
Ilustrasi peuyeum (adira.co.id)

Peuyeum umum disebut juga dengan tape. Makanan ini populer menjadi oleh-oleh khas Bandung yang dapat dimakan sebagai camilan kering. 

Peuyeum itu sendiri merupakan produk olahan singkong yang dibersihkan terlebih dahulu lalu direbus, dan setelahnya ditaburi ragi dan disimpan dalam tempat tertutup. Jadi, makanan ini baru bisa dinikmati 2-3 hari kemudian saat sudah matang. 

4. Gepuk Nyonya Ong

oleh-oleh khas Bandung
Gepuk Nyonya Ong (shopee.co.id)

Olahan daging yang satu ini populer dijadikan oleh-oleh khas Bandung. Bahan baku yang dipakai daging ini ialah daging ayam atau sapi. Kedua daging tersebut digepuk dan ditipiskan, lalu dirangkai dengan lidi agar seratnya tak hancur saat dimasak. 

Gepuk Nyonya Ong menyediakan olahan daging sapi dan ayam dengan berbagai varian. Mulai dari original, asin, hingga ekstra pedas. Gepuk daging ini nikmat disantap bersamaan dengan nasi panas. 

5. Oncom Raos 

oleh-oleh khas Bandung
Ilustrasi oncom raos (anekatempatwisata.com)

Oleh-oleh khas Bandung lainnya yang populer ialah oncom raos. Oncom adalah produk olahan dari kacang yang difermentasi dan setelahnya bisa dijadikan bahan baku untuk masakan oncom, seperti oncom goreng. 

Oncom raos adala salah satu toko yang terkenal untuk produk olahan oncom yang populer untuk dijadikan oleh-oleh Bandung ini. Toko ini telah berdiri lebih dari 40 tahun dan berada di Jalan Cihampelas 91 B.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Ikhsan
Ainal Zahra Nabila
JOIN US
JOIN US