Bahan Alami Pembungkus Makanan
sajian ketupat/cookpad/noer_ainy
Food

Bahan Alami Pembungkus Makanan

Salah satunya berasal dari kulit jagung.

Topan Caesario
Jumat, 23 Agustus 2019 21:03 WIB 23 Agustus 2019, 21:03 WIB

INDOZONE.ID - Salah satu kekayaan negara Indonesia tak hanya pada kebudayaannya yang beragam, tapi juga kulinernya yang unik dan menggugah selera. Beberapa makanan khas Indonesia memanfaatkan daun-daun tertentu sebagai pembungkusnya, tak hanya berguna untuk membungkus tapi juga memberikan aroma tersendiri. Ada yang tau daun apa saja yang biasa dijadikan daun pembungkus?

Berikut INDOZONE rangkum beberapa Bahan Alami Pembungkus Makanan.

Daun pisang

lontong isi
gambar sajian lontong/cookpad/mayaqq

Mungkin bukan hal yang asing lagi buat kamu kalau daun pisang merupakan bahan alami pembungkus makanan. Beberapa contoh makanan yang memanfaatkan daun pisang sebagai pembungkus adalah:

  • Lontong
  • Lemper
  • Kue pisang
  • Pembungkus tempe

Daun Jati

sajian nasi jamblang
sajian nasi jamblang/instagram/tukangjajanid

Biasanya daun jati yang digunakan untuk membungkus adalah daun jati muda, karena lebih lentur sehingga tidak mudah robek. Makanan yang memanfaatkan daun jati untuk membungkus adalah nasi jamblang, yakni salah satu kuliner khas Cirebon.

Daun Kelapa

sajian ketupat
Sajian ketupat/Cookpad/abuk irun

Daun kelapa menjadi salah satu daun yang biasa dimanfaatkan untuk membungkus makanan. Pasti kamu tau dong kalau daun satu ini biasa digunakan untuk makanan khas Hari Raya Idul Fitri, yakni sajian ketupat. Tak hanya ketupat, sajian lainnya yang menggunakan daun kelapa adalah lepet, pernah mencicipinya?

Daun Bambu

sajian bacang
Sajian bacang/Cookpad/Uphy Kitchen'aholic BakingLoverzz

Pernah mencicipi sajian bacang? Nah, sajian tersebut memanfaatkan daun bambu sebagai pembungkusnya. Sebelum digunakan, daun bambu direbus terlebih dahulu, sehingga menjadi layu dan mudah dibentuk.

Kulit Jagung

gambar jagung
Gambar jagung/Pixabay/Buntysmum

Kalau kamu pikir kulit jagung hanya sebagai sampah, jangan terlalu cepat menilai. Karena ternyata kulit jagung bisa dimanfaatkan untuk membungkus makanan, salah satunya sajian dodol dan gula aren.

Itulah beberapa pembungkus alami yang biasa digunakan untuk membungkus makanan, semoga informasi ini bermanfaat buat kamu ya guys!

Ikuti terus berita maupun artikel menarik lainnya, hanya di INDOZONE.

    TAG
    Editor Media
    TERKAIT DENGAN INI
    ARTIKEL LAINNYA
    LOAD MORE