Inilah 6 Makanan yang Bisa Membuat Suasana Hatimu Jadi Bahagia
photo/Ilustrasi/wisebread.com
Food

Inilah 6 Makanan yang Bisa Membuat Suasana Hatimu Jadi Bahagia

Rizka
Rabu, 09 Oktober 2019 16:23 WIB 09 Oktober 2019, 16:23 WIB

INDOZONE.ID - Untuk membuat suasana hati menjadi bahagia, biasanya orang akan pergi ke suatu tempat atau melakukan aktivitas yang ia sukai. Namun beberapa orang ada yang menenangkan hati dan pikirannya dengan mengonsumsi makanan tertentu.

Biasanya, makanan-makanan tersebut mengandung zat yang bisa memicu hormon penghasil rasa bahagia, yakni dopamin, serotonin, endorfin, dan oksitosin. Makanan apa saja ya?

Dirangkum Indozone dari berbagai sumber, Rabu (9/10), inilah 6 makanan yang bisa membuat suasana hatimu menjadi bahagia:

1. Tiram

Oyster
photo/Ilustrasi/Pexels

Berdasarkan studi dalam Nutrition and Metabolic Insights, mengonsumsi tiram sangat baik untuk mengurangi rasa cemas. Hal itu dikarenakan tiram mengandung senyawa seng yang bisa menjaga agar tubuh tetap tenang.

2. Pisang

Banana
photo/Pixabay

Kandungan potasium dan tryptophan dalam pisang sangat tinggi. Menurut penelitian Ara De Marderosian, University of the Sciences, kandungan tryptophan bisa membantu mengembalikan suasana hati (mood) menjadi baik. Selain itu, kandungan vitamin B dan folat bisa menurunkan depresi.

3. Biji Wijen

Sesame
photo/Pixabay

Asam amino yang terkandung dalam biji wijen dapat membantu meningkatkan mood dan kadar dopamin otak dalam waktu cepat. Untuk menambah varian rasa ketika dikonsumsi, kamu bisa memasukkan biji wijen ke dalam salad buah.

4. Salmon

Salmon
photo/Pixabay

Salmon mengandung asam lemak omega-3 yang penting untuk tubuh, otak, dan sirkulasi darah. Dengan mengonsumsi salmon, juga bisa meningkatkan hormon dopamin yang membuat suasana hati tetap bahagia.

5. Kacang-kacangan

Peanut
photo/Pixabay

Kacang-kacangan mengandung serotonin yaitu bahan kimia yang bisa mengurangi kadar depresi dan memperbaiki mood. Seperti misalnya kacang mete, kacang Brasil, kenari, dan kacang almond.

6. Anggur

Grape
photo/Pexels

Selain rasanya enak, anggur memiliki sifat antioksidan yang membuat seseorang merasa lebih baik. Anggur juga mengandung flavonoid yang terbukti dapat mempengaruhi mood dan menurunkan depresi.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Rizka
Rizka

Rizka

Editor
ARTIKEL LAINNYA
LOAD MORE