The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Tips Menyimpan Buah Pisang agar Tahan sampai 2 Minggu, Tetap Kuning Sempurna
Ilustrasi pisang. (Freepik)
Food

Tips Menyimpan Buah Pisang agar Tahan sampai 2 Minggu, Tetap Kuning Sempurna

Selasa, 07 Juni 2022 17:30 WIB 07 Juni 2022, 17:30 WIB

INDOZONE.ID - Beberapa di antara kita pasti kesal karena pisang yang dibeli matang secara bersamaan, sehingga membuatnya tidak enak dimakan karena sudah terlalu matang.

Sekarang tidak perlu khawatir lagi karena dengan tips berikut ini pisang di rumah kamu bisa tahan lebih lama, bahkan bisa tahan sampai 15 hari.

Dilansir Express, melalui kanal YouTube  Kitchen Tips Online membagikan cara mudah untuk menyimpan pisang agar tetap kuning selama 15 hari.

Dalam video tersebut Mike dari Kitchen Tips Online membeli dua tandan pisang di supermarket yang sama. Kemudian satu tandan pisang diletakkan di atas meja menggunakan piring, dan satu tandan pisang lagi dimasukkan di dalam wadah kedap udara di meja dapurnya.

Baca juga: Bukan Pakai Minyak Goreng, Bocah Perempuan Ini Masak Telur Dadar Gunakan Daun Pisang

Ketika pisang matang, maka akan menghasilkan gas etilen, terutama di batang yang kemudian menyebar ke seluruh buah untuk membantunya matang.

Salah satu metode penyimpanan pisang yang banyak dilakukan ialah dengan teknik bungkus plastik. Beberapa orang membungkus batang pisang dengan cling film untuk menghentikan pematangannya.

Namun, lebih efektif untuk membungkus batang pisang satu per satu untuk mencegah pematangan daripada membungkus langsung semua pisang.

Dengan membungkus batang satu per satu, ada lebih sedikit tempat untuk kebocoran gas etilen karena batang lebih tertutup.

Tapi dalam video itu, Mike bereksperimen dengan bola penyerapan etilen. Bola tersebut dimasukkan ke dalam wadah kedap udara tempat menyimpan pisang yang dibelinya.

Setiap hari, dia memeriksa dua tandan pisang, satu di meja dapur, dan satu lagi di wadah kedap udara dengan bola penyerapan etilen di dalamnya.

Hingga sampai hari ke-15, pisang yang dimasukkan Mike ke dalam wadah kedap udara yang ditambahkan bola penyerapan etilen, pisang tetap kuning sempurna, hanya ada sedikit memar bagian bawah pisang.

Dengan tips yang dibagikan Mike itu akan membuat pisang tetap kuning merata meski disimpan selama 15 hari.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Fahrizal Daulay
Fitri
Fitri

Fitri

Writer
TERKAIT DENGAN INI
JOIN US
JOIN US