The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

10 Makanan Khas Padang yang Jarang Diketahui, Pernah Mencobanya?
Ilustrasi rendang (bango.co.id)
Food

10 Makanan Khas Padang yang Jarang Diketahui, Pernah Mencobanya?

Ada yang mirip rendang!

Jumat, 09 Desember 2022 11:57 WIB 09 Desember 2022, 11:57 WIB

INDOZONE.ID - Di Kota Padang, terdapat berbagai macam kuliner yang dapat dicicipi. Dari sekian banyak kuliner tersebut, pasti kamu sudah familiar atau pernah makan beberapa hidangan diantaranya. 

Hidangan tersebut seperti rendang, asam padeh, ayam pop, sate padang, soto padang, dendeng balado dan lainnya. Namun, selain makanan tersebut, kamu juga bisa mencoba makanan khas Padang lainnya yang jarang ditemukan di kota besar. 

Apa saja makanan tersebut? Simak daftar makanan khas Padang yang jarang diketahui ini! 

1. Gulai Itiak

makanan khas Padang
Ilustrasi Gulai Itiak (ksmtour.com)

Jika kamu penggemar bebek, tak ada salahnya untuk mencoba gulai itiak. Bebek digulai ini memiliki cita rasa yang otentik dan berempah, sehingga membuat kamu lahap dalam memakannya. 

Baca Juga: 5 Makanan Khas Sunda yang Unik dan Nikmat untuk Dimakan

2. Kalio daging 

Kalio daging
Kalio daging (hypermart.co.id)

Jika biasanya kamu hanya tahu daging rendang, kini kamu harus tahu makanan khas Padang ini. Kalio daging berbeda dengan rendang karena disajikan dengan lebih berkuah dan pekat akan bumbu. 

3. Cancang

cancang
Ilustrasi cancang (min.wikipedia.org)

Masih mirip seperti rendang, makanan khas Padang ini terbuat dari daging kambing yang dipotong dadu, lalu dimasak dengan rempah dan santan yang bercita rasa pedas. 

4. Lamang Tapai 

Lamang TapaiĀ 
Ilustrasi lamang tapai (min.wikipedia.org)

Makanan khas Padang lainnya yang jarang diketahui adalah lamang tapai. Makanan ini merupakan makanan khas tradisional minang yang terbuat dari beras ketan. Teksturnya yang kenyal dan bercita rasa manis, membuat sajian ini nikmat disantap sebagai makanan penutup. 

5. Galamai

Galamai
Galamai (min.wikipedia.org)

Galamai termasuk dalam makanan ringan khas Padang yang terkenal berasal dari Payakumbuah. Makanan khas Padang ini menyerupai dodol yang juga menjadi makanan khas kota lain di Indonesia. 

6. Lamong Sagu 

Lamong Sagu
Ilustraso Lamong Sagu (cookpad.com)

Makanan khas Padang ini merupakan makanan yang dicampur dengan kelapa setta pisang, lalu dibakar dan dibungkus dengan daun pisang. Makanan khas Padang ini memiliki cita rasa yang manis dan beraroma khas.

7. Es tebak 

Es Tebak
Ilustrasi Es Tebak (primarasa.co.id)

Sekilas seperti cendol, minuman segar khas Padang ini rerbuat dari tepung beras ketan dan sagu. Biasanya, minuman ini disajikan dengan siraman sirup merah, santan, dan juga susu kental manis.

8. Teh talua 

Teh talua
Teh talua (min.wikipedia.org)

Bukanlah teh biasa, teh talua adalah minuman khas Padang yang dicampur kuning telur dan air jeruk nipis serta gula. Campuran tersebut membuat teh ini memiliki rasa yang unik. 

9. Tumbang pisang 

Tumbang pisangĀ 
Tumbang pisang (saribundo.biz)

Merupakan olahan pisang gepok muda, kuliner Padang ini memiliki rasa yang manis dan disajikan dengan taburan kelapa serta gula aren.

Baca Juga: 10 Makanan Khas Solo Nikmat dan Menggugah Selera, Wajib Coba!

10. Palai rinuak 

Palai rinuak
Palai rinuak (min.wikipedia.org)

Pepes ikan rinuak khas kota Maninjau ini menjadi makanan khas Padang selanjutnya yang jarang diketahui. Ikan pepes ini mirip dengan teri dan biasanya dibungkus daun pisang bersama bumbu rempah. 

Nah, itulah beberapa makanan khas Padang yang dapat kamu ketahui. Cicipi saat berwisata ya!

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Ainal Zahra Nabila
ARTIKEL LAINNYA
LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US