The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Memberi Minyak ke Air Rebusan Pasta dan Mitos Pasta Lain yang Perlu Kamu Tahu
Beragam pasta. (Pixabay/beemde)
Food

Memberi Minyak ke Air Rebusan Pasta dan Mitos Pasta Lain yang Perlu Kamu Tahu

Kamis, 12 November 2020 13:32 WIB 12 November 2020, 13:32 WIB

INDOZONE.ID - Di Italia, rata-rata orang makan lebih dari 57 pon pasta setiap tahunnya. Pasta terbuat dari kombinasi sederhana tepung, air, dan terkadang telur, yang memiliki kemungkinan pengolahan tak terbatas. 

Namun seiring popularitasnya di dunia, pasta juga telah membentuk mitos-mitos umum yang telah dibantah oleh sejumlah chef. 

1. Telur tidak dapat dimasukkan dalam adonan pasta

Adonan pasta memang tak lebih dari tepung dan air namun untuk mencapai tekstur yang ideal untuk pasta buatan tangan kamu mungkin butuh lebih dari sekedar air dan tepung. 

Niki Achitoff-Grey dari Serious Eats mengatakan menambah telur dapat menghasilkan tekstur mi yang lebih lembut dan tidak hambar. 

2. Menggunakan panci besar untuk merebus pasta

Secara luas merebus pasta diyakini harus dimasak dalam panci besar berisi air mendidih. Namun tak ada penelitian ilmuah yang mendukung ini karena semua tergantung dari bentuk pasta yang digunakan. 

Ilustrasi merebus pasta.
Ilustrasi merebus pasta. (Pixabay/JESHOOTS-com)

Baca Juga: Resep Spaghetti Aglio e Olio Klasik, Makanan Rumahan Ala Italia

3. Menambahkan sedikit minyak ke dalam rebusan air pasta

Umumnya kita selalu diajari untuk menambahkan sedikit minyak ke dalam air rebusan untuk mencegah pasta saling menempel. Namun koki Steve Samson dari restoran Rossoblu di LA mengatakan itu tidak benar. 

Karena kerapatan relatif air dan minyak, minyak apa pun yang ditambahkan ke panci mendidih hanya akan terkumpul di bagian atas alih-alih melapisi mie.

Pasta menempel saat permukaan pati mengental dan menyatu, dan ini terjadi selama tahap awal memasak. 

Jadi, satu-satunya hal yang perlu dilakukan untuk mencegah pasta lengket adalah mengaduk pasta beberapa kali setelah satu atau dua menit pertama. 

4. Air pasta tidak bermanfaat

Siapa bilang air pasta tidak memiliki manfaat. Selama proses memasak, pasta melepaskan molekul pati mikroskopis ke dalam air mendidih, yang menyebabkan air menjadi keruh.

Namun molekul pati dalam larutan itu sangat berguna. Sedikit air pasta akan membantu mengentalkan saus apa pun, mulai dari saus berbahan dasar tomat hingga saus berbahan dasar minyak.  Air pasta akan selalu membantu menyatukan saus. 

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Reka
Reka

Reka

Writer

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US