The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Nilai Gizi Siput dan Manfaatnya Bagi Tubuh
Ilustrasi hidangan siput. (healthyeating)
Food

Nilai Gizi Siput dan Manfaatnya Bagi Tubuh

Jumat, 18 September 2020 10:32 WIB 18 September 2020, 10:32 WIB

INDOZONE.ID - Siput bagi sebagian orang mungkin terlihat menjijikkan namun ada pula yang memanfaatkan hewan ini sebagai makanan. 

Bahkan di luar negeri makanan berbahan daging siput yang disebut Escargot menjadi hidangan pembuka tradisional di Prancis. 

Lalu apa yang membuat orang-orang berani untuk mengonsumsi siput?

Healthyeating menyebutkan siput adalah sumber protein tanpa lemak yang baik. Di dalam 3 ons siput ini mengandung sekitar 76 kalori dan 14 gram protein untuk satu porsi. 

Siput juga memberikan sejumlah nutrisi lain untuk tubuh diantaranya;

Mineral

Siput kaya akan zat besi dengan mengandung 3 miligram per porsinya. Setiap porsi makanan berbahan siput juga menyediakan 212 dari 300 miligram magnesium yang dibutuhkan setiap harinya. Lalu 231 dari 580 miligram yang direkomendasikan untuk fosfor dan 325 miligram, atau hampir 10 persen dari asupan harian yang direkomendasikan untuk kalium.

Ilsutrasi hidangan siput. Manfaat bekicot.
Ilsutrasi hidangan siput. (Flickr/Craig Hatfield)

Vitamin

Daging bekicot tidak terlalu kaya vitamin, tetapi satu porsinya dapat memberi sekitar 35 persen dari 12 miligram vitamin E per hari yang direkomendasikan USDA untuk orang dewasa. 

Meningkatkan Mood

Menyantap Escargot atau daging siput darat dapat membantu mengatasi suasana hati yang buruk. Itu karena sejumlah hewan seperti siput, tiram, kerang, dan cumi-cumi mengandung bahan kimia yang disebut triptofan, yang membantu otak untuk memproduksi serotonin. 

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Abul Muamar
Reka
Abul Muamar

Abul Muamar

Editor
Reka

Reka

Writer
JOIN US
JOIN US