Lima Makanan Bekal Para Pahlawan Saat Perang Melawan Penjajah
photo/Pinterest/Instagram/@tiwulinstan_uecho/@kulineratjeh
Food

Lima Makanan Bekal Para Pahlawan Saat Perang Melawan Penjajah

Rizka
Sabtu, 17 Agustus 2019 10:30 WIB 17 Agustus 2019, 10:30 WIB

INDOZONE.ID - Kemerdekaan Indonesia tidak terlepas dari peran para pahlawan yang telah gugur di medan juang. Pada waktu itu, mereka harus menempuh perjalanan jauh demi berperang, dengan membawa perbekalan makanan.

Berikut ini lima makanan bekal para pahlawan saat berperang melawan penjajah:

1. Nasi Oyek atau Tiwul

Tiwul
photo/Instagram/@tiwulinstan_uecho

Nasi oyek dikenal pada masa Agresi Militer Belanda 2. Ketika itu, Jenderal Sudirman beserta pasukannya terdesak di dalam hutan, tepatnya di kawasan Kediri dan kehabisan pasokan makanan.

Melihat itu, salah satu pasukan bernama Soepardjo Rustam dari Cilacap membawa makanan nasi oyek yang terbuat dari singkong. Di beberapa tempat, nasi oyek dinamakan Tiwul. Hingga kini, makanan ini masih banyak dijual. Selain enak, terdapat kandungan kalori lebih rendah dari beras dan bisa mengobati sakit maag.

2. Leughok

Leughok
photo/Instagram/@kulineratjeh

Leughok adalah makanan khas Aceh, dibuat dengan tepung ketan, pisang serta sagu (berureune). Makanan ini merupakan salah satu bekal yang dibawa para pahlawan dari Aceh ketika berperang. Leughok punya kandungan potasium yang dapat mengurangi ketegangan dan penyempitan pembuluh darah dan arteri.

3. Telur Asin

Telur asin
photo/Instagram/@aveka03

Telur asin dipilih sebagai bekal makanan para pahlawan karena bisa sifatnya yang tahan lama. Kandungan gizi makanan satu ini cukup tinggi, dua kali lipat lebih besar dari telur ayam. Telur asin dikonsumsi untuk meningkatkan metabolisme tubuh dalam medan perang.

4. Nasi Jagung atau Ampok

Nasi jagung
photo/Instagram/@kunyah_kunyah_official

Makanan tradisional khas Indonesia ini terbuat dari jagung. Jagung yang digunakan adalah jagung yang sudah tua atau disebut jagung pipil. Nasi jagung ini menjadi bekal yang cukup bermanfaat karena kandungannya sebesar 345 kalori per 100 gram.

5. Singkong atau Ubi Rebus

Ubi rebus
photo/Instagram/@nur.razif

Singkong rebus menjadi salah satu makanan pokok yang dikonsumsi masyarakat Indonesia sejak zaman peperangan. Kandungannya terdapat vitamin B-kompleks yang berguna bagi tubuh serta dapat mengatur denyut jantung dan tekanan darah.

    Editor Media
    Editor Media

    Rizka

    Editor
    TERKAIT DENGAN INI
    ARTIKEL LAINNYA
    LOAD MORE