The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Wajib Coba! Makanan Desa, Rasa Bintang Lima, Harga Kaki Lima !
Jajanan tradisional di Tulungagung. (Aris Styo Alfandi/IDZ Creators)
Food

Wajib Coba! Makanan Desa, Rasa Bintang Lima, Harga Kaki Lima !

Rabu, 22 Desember 2021 14:37 WIB 22 Desember 2021, 14:37 WIB

INDOZONE.ID - Menikmati makanan khas daerah tentunya sangat menyenangkan. Selain mempunyai rasa yang khas, kalian juga enggak perlu mengeluarkan banyak uang untuk mencicipinya.

Nah, jika berkunjung ke Tulungagung, Jawa Timur, coba sempatkan mencicipi kuliner tradisional di Pasar Dono. Lokasi pasar ini berada di Kec. Sendang atau sekitar 30 menit dari pusat Kota Tulungagung. 

Jajanan tradisional, Tulungagung
Jajanan tradisional. (Aris Styo Alfandi/IDZ Creators)

Pasar ini punya keunikan tersendiri karena buka di tanggal-tanggal tertentu, seperti di hari Pon dan Legi dalam kalender Jawa. Selain cemilan tradisional, di pasar ini juga menjual aneka sayuran, hewan ternak, nasi jagung, sate ayam dan kambing, serta berbagai makanan asal daerah lain. Salah satu tempat yang menjual aneka jajanan tradisional adalah Warung Binti.

Jajanan tradisional, Tulungagung
Jajanan tradisional. (Aris Styo Alfandi/IDZ Creators)

Lebih dari 30 tahun Binti menjual jajanan pasar. Bahkan pelanggannya juga kerap memesan jajanan tradisonal dalam jumlah besar untuk hajatan. Gorengan seperti tahu isi, ote-ote atau bakwan sayur, pisang goreng, nagasari, serta onde-onde isi kacang hijau dan kelapa semua ada. Harganya sangat murah yaitu hanya Rp1 ribu saja. 

Jajanan tradisional
Es gudir. (Aris Styo Alfandi/IDZ Creators)

Nah, kalau sudah ke sini jangan lewatkan untuk mencicipi es gudir. Minuman ini campuran antara agar-agar, dawet hijau, ketan hitam, bubur sumsum, lalu diberi santan dan gula merah.

Untuk semangkuk es gudir harganya hanya Rp3 ribu saja. Enggak heran dengan harga yang murah dan kebersihan makanannya, membuat orang rela antre sebelum warung dibuka. Tertarik mencoba? Datang saja ke Tulungagung sembari berwisata ke sana. 

TAG
Yayan Supriyanto
Aris Styo Alfandi
Aris Styo Alfandi

Aris Styo Alfandi

Community Writer
JOIN US
JOIN US