The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

9 Makanan Khas Bandung yang Paling Populer, Sudah Coba Belum?
Mie kocok Bandung (en.wikipedia.org)
Food

9 Makanan Khas Bandung yang Paling Populer, Sudah Coba Belum?

Bandung memiliki banyak cemilan dari bahan aci

Rabu, 18 Mei 2022 16:02 WIB 18 Mei 2022, 16:02 WIB

INDOZONE.ID - Bandung memiliki banyak tempat wisata yang bisa dikunjungi. Selain tempat wisatanya, kuliner bandung juga banyak yang bisa dicicipi. Mulai dari makanan berat hingga cemilannya. 

Akhir-akhir ini, terdapat beberapa makanan khas Bandung yang populer, bahkan bagi kalangan milenial dan generasi Z. Dari seluruh makanan tersebut, makanan khas Bandung berikut ini paling populer di tahun 2022. 

1. Seblak 

makanan khas Bandung
Seblak (instagram.com/seblakdagobandung.jogja)

Cemilan favorit generasi Z ini, menjadi kuliner Bandung kekinian dan paling populer. Kepopulerannya tidak hanya di Bandung, melainkan telah merambah ke beberapa kota lain di Indonesia. 

Seblak adalah makana yang terbuat dari kerupuk yang direbus, lalu dicampur dengan racikan cabai, bawang putih, garam, dan kencur. Di beberapa kota, seblak dibuat dengan beberapa campuran, seperti dicampur ceker, baso, sosis, dan sayuran. 

2. Bandros 

makanan khas Bandung
Bandros (instagram.com/infobogor)

Makanan khas Bandung selanjutnya yang paling populer dan kekinian adalah bandros. Makanan ini sering juga dikenal dengan nama kue pancong

Kue ini terbuatdari campuran tepung beras yang diberi santan kelapa dan dimasak di cetakan yang berbentuk cekung. Lalu, saat matang, kue ini diberi topping kelapa parut. 

3. Mie Kocok Bandung 

makanan khas Bandung
Mie kocok Bandung (instagram.com/doyanbakmie)

Mie kocok Bandung adalah makanan yang masih populer hingga saat ini. Mie ini terkenal dengan nama mie kocok karena saat sebelum di makan, perlu dikocok dan diaduk terlebih dahulu. 

Di Bandung, mie kocok dapat ditemukan di pinggir jalan maupun direstoran yang menyediakan makanan ini.

4. Surabi 

makanan khas Bandung
Surabi (instagram.com/chie2tz)

Surabi juga merupakan makanan khas Bandung yang populer hingga saat ini. Surabi dibuat dengan cara dibakar di atas tungku dan disajikan dengan kuah kinca yang bisa dimasak dengan pisang, nangka, hingga durian. 

5. Batagor 

makanan khas Bandung
Batagor (instagram.com/modekitchen.bdg)

Makanan khas Bandung berikutnya adalah Batagor. Makanan ini dibuat dari adonan ikan dan tepung kanji yang dibalut jadi satu dan disajikan dengan kacang serta perasan jeruk limau. 

Batagor sudah sangat populer dari dulu hingga sekarang. Makanan ini memiliki rasa yang renyah dan cocok untuk dijadikan camilan. 

6. Lotek 

makanan khas Bandung
Lotek (instagram.com/tukangjajanid)

Salah satu makanan khas Bandung yang sehat adalah lotek. Makanan ini dikatakan sehat karena dibuat dari campuran sayuran dan disajikan dengan saus kacang yang lezat. Lotek bisa menjadi makanan bagi pecinta vegetarian. 

7. Cuanki 

makanan khas Bandung
Cuanki (instagram.com/kedai_nhi)

Cuanki menjadi makanan khas Bandung yang populer hingga saat ini. Makanan ini disajikan dengan kuah kaldu panas tanpa mie putih atau keriting yang melengkapinya. Cuanki cocok untuk disantap saat hujan dan ingin menghangatkan perut. 

8. Gehu Jeletot 

makanan khas Bandung
Gehu Jeletot (instagram.com/warong.nursalim)

Tahu dengan isian tauge yang digoreng ini, menjadi makanan khas Bandung yang populer hingga saat ini. Gehu jeletot memiliki rasa yang gurih, crispy, renyah, dan tentunya pedas membakar. Selain berisi tauge, gehu juga memiliki berisi bihun, kol, dan wortel. 

9. Makanan dengan Bahan Aci 

makanan khas Bandung
Ilustrasi salah satu makanan aci, cimol (endeus.tv)

Makanan khas Bandung paling populer yang terakhir adalah makanan yang berbahan dasar aci, seperti cimol, cilok, cilung, cireng, cirambay, dan lainnya. 

Makanan ini dibuat dengan cara berbeda-beda, namun memiliki rasa yang kurang lebih sama, yaitu kenyal, gurih, dan bercita rasa kuat. Biasanya, makanan ini dijadikan camilan untuk menemani waktu senggang. 

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Ikhsan
Ainal Zahra Nabila
JOIN US
JOIN US