The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Resep Keripik Pelepah Pisang, Camilan Gurih Viral ala Mursid TikTok
Keripik pelepah/gedebog pisang (pipilan.kitchen)
Food

Resep Keripik Pelepah Pisang, Camilan Gurih Viral ala Mursid TikTok

Jumat, 12 Agustus 2022 11:50 WIB 12 Agustus 2022, 11:50 WIB

INDOZONE.ID - Pisang memang sudah biasa dibuat menjadi sebuah camilan yang enak mulai dari keripik, kue kering sampai kue bolu. Baru-baru ini muncul resep keripik pisang yang virla ala Mursid TikTok. 

Kamu harus tahu nih, bagian pelepah batang pisang ternyata sangat enak dijadikan keripik yang renyah dan gurih. Memang terdengar aneh jika hanya sekedar mendengar bahwa pelepah batang pohon pisang bisa dikonsumsi, tapi sekali kamu mencobanya dipastikan kamu akan ketagihan.

Keripik pelepah batang pohon pisang ini juga naik daun berkat salah satu TikToker Indonesia, Mursid. Dia mengubah pelepah batang pohon pisang jadi camilan yang lezat dan bergizi.

Penasaran bagaimana cara mengolah pelepah batang pohon pisang ini menjadi keripik yang menjadi ikon Gunung Kidul, berikut caranya.

Bahan-bahan:

  1. Pelepah pisang secukupnya
  2. Garam
  3. Kapur Sirih
  4. Tepung serba guna secukupnya
  5. Topping bubuk sesuai selera (barberkyu,balado,keju,asin)

Cara pengolahan:

  1. Potong pelepah batang pohon pisang, kemudian pisahkan bagian luar yang berwarna hijau dan bertekstur keras, lalu ambil bagian paling dalam pelepah pisang yang berbentuk kotak-kotak berongga. Iris tipis-tipis bagian tersebut sesuai selera.
  2. Setelah dipotong sesuai selera selanjutnya rendam seluruh potongan pelepah tersebut campurkan garam dan air sirih lalu rendam selama 2 jam untuk menghilangkan getah dan membuat pelepah lebih renyah.
  3. Cuci rendaman pelepah pisang yang sudah didiamkan tadi dengan air mengalir sampai rasa dari kapur sirih itu hilang.
  4. Untuk rasa yang semakin enak, rendam potongan pelepah pisang menggunakan bumbu rempah kurang lebih 1 jam. Bumbu rempah tersebut adalah garam, merica, kayu manis, dan kaldu ayam.
  5. Agar lebih krispi pelepah pisang akan dibalut dengan tepung serba guna. Setelah melewati proses marinasi celupkan ke tepung kering serba guna, ayak agar tepung lain tidak ikut masuk ke minyak.
  6. Goreng semua pelepah pisang yang sudah terbalut tepung, pastikan minyak panas dan api sedang agar pelepah bisa kering dan renyah. Goreng hingga berwarna cokelat keemasan.
  7. Angkat tunggu sampai minyak turun, dan sajikan. Tambahkan topping bubuk sesuai selera. Agar tahan lama simpan keripik pelepah pisang di dalam toples yang kedap angin.

Keripik pelepah pisang ini sangat unik, garing, dan lezat. Bisa kamu jadikan ide bisnis juga, lho. Tertarik mencoba?

Penulis: Asyila Chairunnisa Haya

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Dewi Kania
Indozone
Dewi Kania

Dewi Kania

Editor
Indozone

Indozone

Writer

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US