The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

5 Bakso Unik yang Cuma Ada di Indonesia, Pakai Kuah Comberan hingga Berbentuk Genderuwo
Kolase bakso unik (Instagram/ themanganguys/soloterbaru)
Food

5 Bakso Unik yang Cuma Ada di Indonesia, Pakai Kuah Comberan hingga Berbentuk Genderuwo

Unik dan enak.

Sabtu, 15 Januari 2022 14:25 WIB 15 Januari 2022, 14:25 WIB

INDOZONE.ID - Bukan rahasia lagi, bakso menjadi salah satu makanan favorit warga Indonesia. Kuliner ini hampir dengan mudah bisa dijumpai di setiap daerah. 

Bahkan beberapa daerah punya bakso khasnya sendiri. Contohnya saja seperti bakso khas Solo, bakso Malang hingga bakso Wonogiri.

Selain itu, Indonesia juga punya bakso unik yang tak akan dijumpai di negara lain. Bakso-bakso ini dibuat dengan berbagai bentuk dan diberi nama yang aneh-aneh. Penasaran seperti apa keunikannya? Yuk simak ulasan berikut!

1. Bakso Comberan

bakso (Instagram/themanganguys)
Bakso Comberan (Instagram/themanganguys)

Mendengar namanya, mungkin sebagian orang akan berpikir dua kali untuk menyantap bakso ini. Tapi sebenarnya bakso comberan bukanlah kuliner ekstrem.

Ini adalah hidangan bakso yang disajikan dengan kuah berwarna hitam pekat mirip air comberan. Kuah hitam tersebut berasal dari kuah rawon yang kemudian dicampur mie, potongan tulang dan daging yang banyak.

2. Bakso Moncrot 

moncrot (Instagram/basomoncrot)
Bakso moncrot (Instagram/basomoncrot)

Bakso moncrot adalah hidangan bakso yang dibuat dari tomat. Biji tomat dikeluarkan dari kulitnya lalu digantikan dengan adonan bakso. Meskipun aneh, tapi jangan ragukan rasa dari bakso unik ini karena perpaduan rasa asam tomat dengan gurihnya bakso sangatlah cocok apalagi saat dinikmati kala hujan. Duh, enaknya!

3. Bakso Barbel

bakso (Instagram/alexadra_kusuma)
Bakso barbel (Instagram/alexadra_kusuma)

Bakso ini mempunyai bentuk yang anti mainstream. Bukannya bulat, bakso ini malah berbentuk barbel.

Gerai bakso yang menyajikan menu ini berlokasi di Jalan Riau 205, Bandung. Sang pemilik ternyata Agung Hercules. Pantas ya bentuknya barbel!

4. Bakso Corona

Bakso Corona (Grab.food.com)
Bakso Corona (Grab.food.com)

Bakso corona sempat viral di awal-awal munculnya pandemi COVID-19. Bentuk bakso ini sangat mirip dengan bentuk virus corona karena memiliki duri. Duri-duri pada bakso ini terbuat dari jamur enoki. Bahkan pemilik bakso ini mendatangkan langsung jamur enoki tersebut dari Jepang. 

5. Bakso Genderuwo

genderuwo (Instagram/cfdmenu)
Bakso genderuwo (Instagram/cfdmenu)

Jika kamu ingin merasakan sensasi menyantap Genderuwo makanlah bakso ini. Ya bakso Genderuwo adalah bakso berukuran besar dengan mie kuning yang menancap ke dalam bakso, mirip seperti rambut setan Genderuwo yang dipercayai masyarakat Indonesia.

Di dalam baksonya juga ada daging cincang, tersaji dengan bakso kecil-kecil. Bakso unik ini bisa kamu temukan di kawasan jalan sumpah pemuda no 56 Surakarta.


Artikel Menarik Lainnya:


TAG
Fahrizal Daulay
Anisa Rizwani
JOIN US
JOIN US