The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Lezatnya Sala Lauak, Makanan Khas Sumbar Berbahan Ikan Teri
Sala lauak. (Instagram/@nisaariii)
Food

Lezatnya Sala Lauak, Makanan Khas Sumbar Berbahan Ikan Teri

Kudapan khas Sumbar.

Jumat, 03 Desember 2021 17:22 WIB 03 Desember 2021, 17:22 WIB

INDOZONE.ID - Sala Lauak merupakan salah satu makanan khas Sumatera Barat (Sumbar) yang tak kalah lezat dari makanan lainnya. Kudapan khas Pariaman ini tak hanya menjadi favorit orang Sumbar saja, beberapa orang mencoba sala lauak biasanya akan ketagihan.

Sala lauak biasa dijadikan kudapan saat kumpul bersama teman atau keluarga. Bahkan, makanan ini juga dijadikan menu utama untuk berbuka puasa. Sala lauak juga bisa disantap dengan hidangan berkuah seperti ketupat sayur hingga bakso.

Sejarah sala lauak

sala lauak makanan khas sumbar yang terbuat dari teri
Sala lauak. (Instagram/@ayudiana.fp)

Sala lauak diambil dari kata sala dan lauak. Sala artinya goreng, biasanya istilah ini digunakan untuk segala jenis makanan yang diolah dengan cara digoreng. Sementara itu, lauak artinya ikan.

Jika diartikan secara keseluruhan, sala lauak artinya ikan goreng. Disebut sala lauak karena adanya rasa ikan asin/teri dalam adonan yang digoreng. Nama lain sala lauak adalah sala bulek, yang artinya gorengan bulat.

Tak ada yang tahu pasti kapan tepatnya sala lauak ini mulai dikonsumsi masyarakat Sumatera Barat. Yang jelas, kudapan ini sudah ada sejak zaman dulu dan berasal dari pesisir Padang Pariaman.

Baca juga: Resep Bumbu Rendang Daging Sapi Khas Padang yang Empuk

Tak hanya di Sumatera Barat, sala lauak juga mudah kamu temukan di Pekanbaru, Riau. Sebab, di sana banyak perantauan yang membuka usaha sala lauak yang ternyata sangat laku di pasaran.

Sala lauak juga menjadi incaran para wisatawan yang berlibur ke daerah Sumbar. Tak sedikit pula yang menjadikan sala lauak sebagai oleh-oleh.

Terbuat dari campuran ikan teri

sala lauak makanan khas sumbar yang terbuat dari ikan teri
Sala lauak. (Resepkoki)

Ada dua jenis sala lauak yaitu sala lauak yang lunak dan keras. Sala lauak yang paling umum adalah berbentuk bulat atau biasa disebut sala keras. Nah, sala keras inilah yang terbuat dari campuran ikan teri yang dihaluskan, tepung dan kunyit.

Disebut keras karena bagian luar sala memang sedikit keras, namun bagian dalamnya lunak. Berbeda dengan sala lauak lunak yang terbuat dari ikan stuhuak. Meski sala lauak lebih banyak ditemukan di daerah Sumbar, namun kamu bisa membuatnya sendiri lho di rumah.

Caranya pun cukup mudah, kamu hanya perlu menyiapkan tepung beras, ikan teri, daun jeruk, air dan minyak goreng. Sementara itu, untuk bumbu halusnya yang harus disiapkan adalah bawang putih, bawang merah, cabai giling dan kunyit, lengkuas muda, jahe dan garam.

Cara membuat:

  • Sangrai tepung beras kira-kira sekitar 10 menit dengan api kecil selama 10 menit
  • Rebus bumbu yang sudah dihaluskan dengan air sampai mendidih
  • Kemudian campur tepung beras dengan ikan asin yang sudah dihaluskan
  • Tuang bumbu mendidih ke adonan, aduk hingga merata
  • Bulat-bulatkan sesuai selera, setelah itu sala siap digoreng

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Dina
Dina

Dina

Editor
JOIN US
JOIN US