The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

7 Makanan Penurun Kolesterol Jahat, Nikmat dan Berkhasiat!
Makanan penurun kolesterol (photo/freepik/chernikovatv)
Food

7 Makanan Penurun Kolesterol Jahat, Nikmat dan Berkhasiat!

Minggu, 16 Mei 2021 16:20 WIB 16 Mei 2021, 16:20 WIB

INDOZONE.ID - Kolesterol sebenarnya memiliki banyak manfaat bagi tubuh, karena dapat menunjang proses metabolisme.

Namun, kadar kolesterol yang berlebihan, justru bisa mengakibatkan penyumbatan pembuluh darah, sehingga timbul penyakit jantung dan stroke.

Kolesterol tinggi umumnya disebabkan oleh asupan makanan berlemak jenuh dan pola hidup yang buruk.

Meski ada beberapa makanan yang bisa membuat kadar kolesterol meningkat, ternyata ada pula makanan yang bisa menurunkan kolesterol jika dikonsumsi.

Makanan Penurun Kolesterol

Jika kamu mengalami kenaikan kolesterol, jangan panik. Indozone punya beberapa makanan penurun kolesterol yang bisa kamu konsumsi untuk mengurangi kadar kolesterol.

1. Ikan


makanan untuk penderita kolesterol
Makanan untuk penderita kolesterol (photo/freepik/natashabreen)

Makanan untuk penderita kolesterol yang baik dikonsumsi setiap hari, di antaranya ikan salmon dan ikan tuna.

Kedua ikan ini merupakan sumber omega-3, yang dapat mengurangi trigliserida dalam aliran darah.

Dengan begitu, kadar kolesterol HDL akan meningkat, sehingga kesehatan jantung membaik.

Namun, hindari mengolah ikan dengan cara digoreng, karena dapat menghilangkan kadar omega-3 pada ikan.

Sebaiknya, masaklah ikan dengan cara direbus, dipanggang, dikukus, atau dijadikan sup.

2. Oat


makanan untuk menurunkan kolesterol
Makanan untuk menurunkan kolesterol (photo/freepik/sokor)

Oat juga termasuk salah satu makanan untuk menurunkan kolesterol yang bisa kamu konsumsi.

Oat terbuat dari gandum yang mengandung beta glucan, yang berperan menurunkan kolesterol jahat.

Lemak dalam aliran darah diikat oleh beta glucan, kemudian dikeluarkan tubuh melalui tinja.

Oat bisa diolah menjadi oatmeal dengan topping buah yang lezat, sebagai pengganti nasi bagi penderita kolesterol.

3. Kedelai


makanan penurun kolesterol tinggi
Makanan penurun kolesterol tinggi (photo/freepik/1989studio)

Kedelai juga merupakan makanan penurun kolesterol tinggi yang bisa kamu konsumsi.

Kedelai mengandung protein, isoflavon, lesitin, saponin, dan serat yang bisa menghambat penyerapan kolesterol.

Tak hanya mampu menurunkan kolesterol, kedelai juga dapat menurunkan tekanan darah.

Kamu bisa mengonsumsi olahan kedelai seperti tahu, tempe, atau susu kedelai. 

4. Alpukat


makanan yang bisa menurunkan kolesterol
Makanan yang bisa menurunkan kolesterol (photo/freepik/a-sherstobitov)

Makanan yang bisa menurunkan kolesterol jahat (LDL) lainnya yaitu buah alpukat.

Kandungan lemak tak jenuh, fitosterol, dan polifenol pada alpukat, mampu mengontrol kadar kolesterol.

Sehingga penumpukan plak yang menyebabkan penyumbatan di arteri, dapat menurun.

Dengan demikian, kolesterol baik (HDL) akan mengalami peningkatan.

5. Apel


buah untuk menurunkan kolesterol
Buah untuk menurunkan kolesterol (photo/freepik/user12952888)

Apel menjadi buah untuk menurunkan kolesterol yang aman dikonsumsi secara rutin.

Kandungan antioksidan polifenol pada apel, menghambat oksidasi LDL yang memicu penumpukan plak kolesterol dalam darah.

Selain itu, apel juga kaya akan serat larut pectin, yang berfungsi menurunkan kada kolesterol LDL.

Berdasarkan penelitian dalam European Journal of Nutrition, kandungan penting apel terdapat pada kulitnya.

Jadi, pastikan kamu mengonsumsi buah apel tanpa mengupas kulitnya ya.

6. Bayam


sayuran untuk menurunkan kolesterol
Sayuran untuk menurunkan kolesterol (photo/freepik/user11479153)

Sayuran untuk menurunkan kolesterol, bisa kamu dapatkan lewat bayam.

Sebagai sayuran hijau, kandungan antioksidan pada bayam berfungsi mengikat asam empedu, sehingga tubuh mengeluarkan kolesterol.

Kandungan zat lutein pada bayam juga berperan untuk mencegah terbentuknya plak kolesterol di arteri.

Tak hanya itu, bayam pun kaya akan serat yang mencegah kolesterol naik dan menurunkan risiko penyakit jantung.

7. Pisang


makanan penurun kolesterol jahat
Makanan penurun kolesterol jahat (photo/freepik/user11472009)

Buah lainnya yang bisa menurunkan kadar kolesterol tinggi yaitu pisang.

Pisang mengandung zat inulin yang menghambat penyerapan kadar kolesterol dari makanan yang kamu konsumsi. 

Kolesterol tersebut kemudian dikeluarkan melalui sistem pencernaan.

Sehingga, kolesterol tidak menyumbat aliran darah dan kesehatan jantung tetap terjaga.


Itulah makanan penurun kolesterol yang bisa kamu konsumsi secara rutin agar tidak menimbulkan penyakit jantung berbahaya. Semoga bermanfaat!

Artikel Menarik Lainnya:

Indriyana
Indriyana

Indriyana

Writer
JOIN US
JOIN US